Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Tangerang menarik sejumlah makanan kemasan dari etalase toko karena telah kadaluarsa dalam kegiatan pemantauan dan pengawasan sepekan jelang lebaran.

"Barang-barang yang ditarik dari etalase ini merupakan barang yang telah kadaluarsa dan satu bulan sebelum kadaluarsa diantaranya makanan jagung kemasan kaleng, tauco botol dan kerupuk mentah dalam kemasan," kata Kepala Bidang Perdagangan Eni Nuraeni di Tangerang Rabu.

Baca juga: Dinkes Tangerang gelar tes GeNose di stasiun dan terminal

Dijelaskannya pihaknya akan melakukan pemantauan di enam pasar dan toko modern seperti Modern Town Market dan Carrefour Tangcity hingga tanggal 6 Mei 2021.

Pengawasan yang dilakukan adalah melihat barang yang beredar, harga dan stok pangan. Selain itu protokol kesehatan di pasar tersebut pun jadi pemantauan. Jika ada pelanggaran maka akan ditindak lanjuti.

Terkait stok dan harga pangan, Eni menyebutkan di Kota Tangerang masih dalam kondisi aman dan stabil meskipun ada beberapa barang yang mengalami kenaikan tetapi masih dalam harga yang wajar.

"Sejauh ini stok pangan aman, mulai dari pasar tradisional ataupun toko modern. Untuk harga ada yang mengalami penurunan, seperti cabai keriting merah dari Rp 40 ribu per kilogram menjadi Rp 30 ribu per kilogram. Sedangkan daging sapi mengalami kenaikan dari Rp 130 ribu per kilogram menjadi Rp140 ribu per kilogram," katanya.

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021