Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang berupaya mengatasi kekosongan stok darah, salah satunya dengan menghadirkan program membagikan sembako kepada para pendonor.

"Di bulan Ramadhan, kita adakan program yang namanya donor paket sembako, artinya nanti bagi masyarakat yang mendonorkan darah akan mendapat paket sembako," kata Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Tangerang, Zainal Muttaqien di Tangerang, Rabu.

Baca juga: PMI Kabupaten Tangerang pastikan stok darah selama Ramadhan aman

Ia mengatakan selama masa pandemi COVID-19 berlangsung terjadi kelangkaan stok darah. Oleh karena itu PMI Kabupaten Tangerang berinisiatif melakukan gerakan sebagai stimulus (rangsangan) untuk mendatangkan pendonor dengan membagikan beberapa paket sembako.

"Program ini kita sudah jalankan dari 15 April 2021, dan akan berlanjut sampai selesai bulan puasa ini," katanya.

Selain itu, melalui kegiatan tersebut pihaknya mengajak seluruh pihak dan masyarakat khususnya Kabupaten Tangerang untuk ikut berpartisipasi dalam pelaksanaannya.

"Kami selama Ramadhan ini juga melaksanakan donor darah ke masjid-masjid dan di mal di Tangerang," ujarnya.

Ia menyarankan kepada masyarakat yang hendak mendonorkan darahnya saat puasa untuk tidak perlu takut, sebab sebelum melakukan donor itu biasa mempersiapkan beberapa tahapan terlebih dahulu, seperti mempersiapkan kondisi fisik dan bersahur dengan asupan makanan minuman yang baik.

Kemudian, pilih waktu tepat pendonoran, seperti menjelang berpuka puasa atau setelah berbuka puasa agar kondisi badan kembali pulih.

"Untuk mempermudah masyarakat, PMI juga memulai waktu donornya saat puasa, mulai pukul 17.00 WIB, agar pendonor setelah diambil darahnya bisa langsung berbuka puasa," kata dia.
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021