Pemerintah Kota Tangerang Banten menggelar vaksinasi COVID-19 bagi warga lanjut usia (lansia) yang diselenggarakan di setiap puskesmas yang tersebar di 104 kelurahan.

"Hari ini mulai pertama dilaksanakan oleh Puskesmas Karawaci dengan sasaran sebanyak 250 orang dan selanjutnya juga diikuti wilayah lainnya," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat melakukan pemantauan vaksinasi COVID-19 di GOR Karawaci Kota Tangerang, Selasa.

Arief mengatakan Pemerintah Kota Tangerang mendapatkan kuota sebanyak 4.800 dosis dari Kementrian Kesehatan untuk tahap ketiga. Kuota yang diperoleh akan dibagi ke setiap wilayah untuk dilaksanakan vaksinasi.

Baca juga: Wali Kota Tangerang sayangkan masih ada penerima vaksin tak hadir

Vaksinasi tahap ketiga ini ditargetkan selesai pada Sabtu (13/3) dengan sasaran warga lansia. "Dari kegiatan yang dilaksanakan di Puspemkot sebelumnya, diharapkan kegiatan di wilayah berjalan lancar," ujarnya.

Dirinya juga meminta kepada setiap camat/lurah untuk melakukan koordinasi dengan puskesmas untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Sebab lokasi kegiatan bisa disesuaikan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Lebih lanjut Wali Kota menerangkan mekanisme vaksinasi bagi lansia dimulai dengan pengisian formulir secara daring setelah dilakukan pendataan dan pendaftaran oleh kader Pos Binaan Terpadu (Posbindu) di tiap kelurahan, yang kemudian dilakukan verifikasi oleh pihak Puskesmas. "Nanti dapat nomor dateng tunjukin dan terdaftar, langsung proses vaksinasi," katanya

Lalu kepada warga yang masih ragu mengikuti vaksinasi, Wali Kota menuturkan jika dirinya telah divaksin dan hingga kini tak ada gejala apapun sehingga tak perlu khawatir. "Udah satu bulan divaksin dan sekarang sehat," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021