Pandeglang (ANTARABanten) - Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Pandeglang Anwar Fauzan menjelaskan, sampai saat ini belum ada tenaga kerja Indonesia (TKI) asal daerah itu yang bermasalah.


"Kita belum mendapat laporan adanya TKI asal Pandeglang yang bermasalah, ataupun tertimpa masalah," katanya di Pandeglang, Banten, Selasa.

Ia mengaku, terus melakukan pemantauan terhadap TKI yang saat ini bekerja di berbagai negara seperti Malaysia, Arab Saudi dan negara lain di Timur Tengah.

Mengenai jumlah TKI asal Pandeglang, menurut dia, cukup banyak. Pada 2010 sebanyak 250 orang TKI diberangkatkan ke Malaysia dan beberapa negara di Timur Tengah.

Terkait pengiriman TKI, menurut dia, selama ini dilakukan oleh perusahaan Pengerah Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) legal dan memiliki kantor perwakilan di Pandeglang.

"Saya bisa katakan legal, karena seluruh PJTKI yang mengirim TKI kita terdaftar di Kantor Disnakertransos Pandeglang," ucapnya, menegaskan.

PJTKI itu, kata dia, memiliki dokumen resmi dan menajemen jelas, sehingga bisa dipertanggungjawabkan.

Anwar mengaku, tidak sembarangan memberi kepercayaan pada PJTKI yang ingin memberangkatkan TKI asal Pandeglang, karena khawatir bermasalah dan tidak bertanggung jawab.

"Kita melihat dulu kapabilitas perusahaan PJTKI yang mengirim TKI asal Pandeglang, setelah benar diketahui memang statusnya jelas baru diizinkan," ujarnya, menambahkan.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011