Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, kembali membagikan masker kepada masyarakat guna mencegah penyebaran penyakit yang membahayakan dan mematikan.

"Kami berharap masyarakat jika keluar rumah memakai masker, karena bagian dari protokol kesehatan," kata Ketua Pengawasan Satgas COVID-19 Kabupaten Lebak Dartim saat membagikan masker di kawasan Alun-alun Rangkasbitung Lebak, Minggu.

Baca juga: Bertambah 356 orang pasien COVID-19 di Lebak sembuh
Baca juga: 12 rumah di Lebak rusak diterjang puting beliung

Masyarakat Kabupaten Lebak hingga kini masih banyak ditemukan tidak memakai masker saat berada di tempat-tempat umum, seperti pasar, terminal hingga kawasan wisata.

Padahal, penggunaan masker sangat bermanfaat untuk perlindungan diri sendiri dari penyebaran pandemi COVID-19.

Oleh karena itu, pihaknya mengoptimalkan pembagian masker di sejumlah titik di Rangkasbitung dan sekitarnya agar kesadaran masyarakat meningkat.

Pembagian masker juga melibatkan anggota TNI, Polisi dan Satuan Polisi Pamong Praja guna mengendalikan penyebaran pandemi COVID-19.

"Kami minta warga kemanapun berpergian selalu memakai masker," katanya.

Menurut dia, setiap akhir pekan kawasan Alun-alun Rangkasbitung cukup ramai karena banyak warga berolahraga dan pedagang, sehingga menimbulkan kerumunan.

Petugas Satgas COVID-19 menutup kegiatan masyarakat di Alun-alun Rangkasbitung guna mencegah penularan virus Corona.

Petugas Satgas COVID-19 itu, ujar dia, membagikan masker hingga mencapai 2.000 pcl kepada warga pejalan kaki dan kendaraan pribadi dan umum.

"Kami melakukan pendataan bagi warga yang tidak memakai masker, namun tidak dikenakan denda dan sanksi hukuman sosial," katanya menegaskan.

Dartim mengajak masyarakat Kabupaten Lebak agar mematuhi protokol kesehatan dan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi.

Protokol kesehatan itu, kata dia, dapat memutus penularan pandemi Corona dan petugas Satgas COVID-19 di lapangan selalu mewajibkan masyarakat untuk mematuhinya.

Kasus penyebaran Corona di Kabupaten Lebak meningkat akibat kesadaran masyarakat kurang terhadap kepatuhan protokol kesehatan dengan 5M.

"Kami yakin Lebak bisa terbebas Corona jika warganya mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021