Serang (ANTARABanten) - Kepolisian Daerah Banten menggelar pelatihan bidang kehumasan atau "public relation" dalam upaya meningkatkan kemampuan personel polisi.


"Kami mengharapkan Polsek dan Polres di wilayah Polda Banten memiliki personel kehumasan yang mampu membangun kemitraan lebih baik dengan masyarakat termasuk dengan pers," kata Kepala Bidang Humas Polda Banten AKBP Gunawan Setiadi di Serang, Senin.

Ia mengatakan, peran kehumasan sangat penting untuk membangun citra serta membangun kemitraan antara polisi dengan elemen masyarakat lain.

Apalagi di era teknologi informasi yang terus berkembang, kemampuan personel untuk bidang  kehumasan perlu terus dilatih agar bisa menyesuaikan dengan kemajuan teknologi informasi yang berkembang.

"Melalui pelatihan inilah, kemampuan anggota bidang kehumasan terus ditingkatkan khususnya bagi mereka yang sudah lama di Humas. Bagi mereka yang baru, tentunya ini menjadi pengalaman baru juga," kata Gunawan usai memberikan pengarahan pada pelatihan kehumasan di aula Mapolda Banten.

Gunawan mengatakan, pelatihan kehumasan tersebut diikuti sekitar 70 orang anggota polisi yang menangani bidang kehumasan mulai dari Posek, Polres hingga Polda Banten.

Adapun materi yang diberikan berupa pendidikan tentang Jurnalistik, sosialisasi UU NO 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi Publik, Komisi Informasi serta terkait dengan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Ia juga mengharapkan, para tahun-tahun berikutnya proses penyampaian informasi baik terkait informasi pengungkapan kasus kriminal maupun informasi lain yang dibutuhkan masyarakat di lingkungan Polda Banten, bisa dilakukan secara "online" mulai dari Polsek, Polres, Polda sampai Mabes Polri.

"Selama ini dari tingkat Polsek-Polsek belum bisa 'online' karena terkendala infrastruktur teknolgi informasinya. Namun dari Polres sampai Mabes Polri sudah bisa berjalan walaupun belum optimal," kata Gunawan.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011