Cilegon (ANTARABanten) - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP) meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan pabrik melalui program tanggungjawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR).

"Kami berupaya menjangkau program CSR bagi masyarakat di Kota Cilegon dan Kabupaten Serang," kata Senior Manager CSR PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, Abraham Sinatrawan saat ditemui disela-sela penyelenggaraan program CSR di Desa Gunung Sugih, Kota Cilegon, Provinsi Banten, Rabu.

CAP sendiri telah menyiapkan empat program CSR yang disebut CSR Day 2011 ditujukan untuk masyarakat di Kota Cilegon dan Kabupaten Serang, meliputi program kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan program sosial dan peduli lingkungan.

Abraham mengatakan, penyelenggaraan kegiatan CSR  merupakan komitmen perusahaan untuk berpartisipasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Cilegon dan Kabupaten Serang.

Menurut Abraham tujuan akhirnya meningkatkan kualitas sumber daya manusia mulai dari usia Balita sampai dengan usia produktif.

Melalui program kesehatan, PT CAP untuk tahun 2011 mentargetkan memberikan Pemberian Makan Tambahan berupa susu lactona dan biskuit kepada 2.000 balita, meliputi Desa Gunung Sugih 700 balita, Desa Anyer 600 balita, Desa Gunung Kosambi Royok 200 balita, dan Desa Mangunreja dan Desa Ragas 500 balita.

PT CAP pada tahun 2011 ini juga tengah membangun peningkatan layanan Puskesmas di Kecamatan Ciwandan sehingga nantinya dapat menerima pasien rawat inap.

Perusahaan juga membangunkan jamban sehat di rumah-rumah masyaraka tidak mampu, untuk tahun 2011 ini diprogramkan untuk 40 unit rumah, jelas Abraham.

Sedangkan dalam program pendidikan, CAP akan melatih guru fisika dan matematika tingkat SMA se Kota Cilegon bekerjasama dengan Yohanes Surya Institut sehingga kualitas lulusan siswa SMA Cilegon dapat ditingkatkan, kata Abraham.

Perusahaan bekerjasama dengan ITB juga menyiapkan program beasiswa bagi siswa berprestasi, nantinya setelah lulus mereka dapat langsung bekerja di perusahaan, papar Abraham.

PT CAP juga meningkatkan pinjaman dana bergulir dalam program ekonomi yang semula hanya Rp1 juta kini ditingkatkan menjadi Rp2 juta per orang, untuk Desa Gunung Sugih tercatat 62 orang, Desa Kosambironyok 40 orang, serta pengadaan 60 bibit kambing.

Sedangkan dalam program sosial dan peduli lingkunga, CAP menyalurkan 300 zak semen untuk pembangunan masjid, bantuan 50 tong sampah, pengadaan 10.000 pohon bibit buah-buahan untuk ditanam di Kecamatan Ciwandan, Bojonegara, dan Merak.

Abraham mengatakan, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk  juga turut aktif dalam wadah Cilegon Corporate Social Responsibility (CCSR) yang anggotanya selain Chandra Asri juga PT Krakatau Steel Tbk, Indonesia Power, dan Cilegon Mandiri.

Abraham yang dalam wadah ini menjadi Wakil ketua mengatakan, keberadaan CCSR dibentuk sesuai dengan arahan Wali kota Cilegon agar penyaluran CSR perusahaan-perusahaan di Cilegon lebih terarah dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Terkait dengan dana yang disalurkan, Abraham mengatakan, lebih dari Rp2 miliar, karena untuk pinjaman bergulir saja Rp200 juta lebih, pembangunan Puskesmas Rp600 juta, serta pemberian makanan tambahan Rp800 juta, belum pengadan bibit ternak, tanaman, program pendidikan.

Dalam sambutannya Asda I Kota Cilegon Ratu Ati Marliati mengharapkan agar program CSR yang disalurkan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Abraham mengatakan, tidak hanya program CSR perusahaan juga membentuk komunitas dengan warga di sekitar pabrik untuk memberikan pemahaman mengenai dampak-dampak dari pabrik petrokimia.

"Harapannya kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan kerja mereka dapat lebih memahami," ujar Abraham.



 

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011