Tangerang (ANTARABanten) - Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan, Banten, merencanakan untuk membangun jalur khusus sepeda motor, dalam upaya mengurangi kemacetan di jalan raya.


"Kita sedang mewacanakan untuk membuat jalur khusus sepeda motor, dengan harapan dapat mengurangi kemacetan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan, Nurdin Marzuki di Tangerang Rabu.

Wacana tersebut, kata Nurdin, sedang dikaji oleh salah satu konsultan. Hingga saat ini, kajian teknis tersebut masih berjalan.

Nantinya, jalur khusus sepeda motor tersebut akan dibangun di jalan utama di seluruh Kota Tangerang Selatan. "Nanti, untuk jalur sepeda motor dan mobil akan terpisah," katanya.

Selain itu, Nurdin juga mengungkapkan bila pertumbuhan sepeda motor di Tangerang Selatan saat ini mencapai 300 persen. Untuk wilayah Serpong saja, sebanyak empat ribu kendaraan melintas setiap hari.

Jumlah tersebut, akan membuat kemacetan yang semakin parah sehingga membuat Tangerang Selatan seperti Jakarta. "Jumlah kendaraan ke depan akan semakin banyak. Maka, perlu dilakukan perbaikan hingga saat ini," katanya.

Kepala Bappeda Kota Tangerang Selatan, Eddy Malonda mengatakan, sudah terdapat lima program pemerintah untuk mengatasi kemacetan yang sebelumnya direncanakan yakni pelebaran ruas jalan, pembangunan terminal terpadu di Ciputat, pembangunan monorel yang menghubungkan Tangsel dan Bandara Soekarno Hatta, penerapan sistem satu arah dan masuknya 'busway'.

Tak hanya itu saja, di Tangerang Selatan juga perlu dilakukan penambahan lahan parkir di lima stasiun kereta api. "Nanti juga dibutuhkan moda transportasi massal. Salah satunya dengan membangun monorel dari Rawa Buntu ke Bandara Soekarno-Hatta," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011