Tangerang (ANTARABanten) - Pemerintah Kota Tangerang, Banten, mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas di wilayah kerjanya, khususnya pada lokasi rawan macet termasuk menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan memakai kamera pengintai.


"Pemasangan kamera pengintai berupa CCTV untuk mengurangi simpul kemacetan arus lalu lintas," kata Sekretraris Daerah Pemkot Tangerang H. Harry Mulya Zein dihubungi Senin.

Penyataan tersebut terkait belakangan ini arus lalu lintas di jalan utama dan alternatif di Kota Tangerang selalu macet termasuk bila hendak ke Bandara Soekarno- Hatta melewati kawasan pintu belakang M-1 melintasi jalan Marsekal Surya Dharma.

Bahkan kemacetan parah saat turun hujan karena pada ruas jalan tertentu terendam air dengan ketinggian mencapai 40 cm dan kendaraan memperlambat kecepatan.

Demikian pula kemacetan biasanya pada jam sibuk pagi hari dan sore ketika pekerja pulang, namun belakangan pada siang hari maupun malam kemacetan tidak dapat dihindari.

Kemacetan lalu lintas terjadi di pertigaan Jalan Imam Bonjol, KH. Hasyim Azhari, HOS Cokroaminoto,  Moh. Toha, jalan Merdeka dan Jalan Gatot Subroto.

Menurut Harry bahwa pemasangan kamera pengintai pada titik rawan kemacetan itu dilakukan secara bertahap.

Demikian pula tujuan pemasangan kamera itu selain untuk mengurai simpul kemacetan tapi juga mengantisipasi kejahatan terutama pencurian sepeda motor dan mobil di wilayah ini.

Pemasangan kamera pengintai itu juga dilakukan di kawasan Pusat Pemerintahan Pemkot Tangerang, karena beberapa kendaraan terutama sepeda motor raib meski telah dipasang kunci pengaman oleh pemiliknya.

Selain itu, pemasangan kamera juga akan dilakukan di belakang bandara terbesar di Indonesia itu terutama di Simpang Tujuh kawasan Sewan, Kecamatan Neglasari.

Namun begitu, pemasangan kamera itu telah melakukan koordinasi dengan aparat Polres Metro Tangerang melalui Dinas Perhubungan setempat.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011