Bank Indonesia (BI) Perwakilan Banten memberikan bantuan kepada 18 Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) berdomisili di berbagai kota/kabupaten se-Banten melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

"Bantuan kepada UMKM itu diharapkan dapat mendorong peningkatan skala usaha, akses pasar, dan pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Erwin Soeriadimadja, usai pemberian bantuan itu melalui virtual, Rabu (30/12/2020).

UMKM yang memperoleh bantuan PSBI tersebut bergerak pada bidang usaha yang beragam, mulai dari kuliner, fashion, kerajinan tangan serta pariwisata yang secara simbolis diserahkan  di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten. 

Erwin juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada komisi XI DPR RI atas perhatian besar guna mendorong perekonomian termasuk dukungan terhadap UMKM di Provinsi Banten.

Acara penyerahan PSBI secara simbolis jupa dihadiri oleh seluruh penerima bantuan PSBI secara virtual, dan disaksikan oleh H. Andi Achmad Dara, SE dari Komisi XI DPR RI yang membidangi keuangan dan perbankan termasuk didalamnya Bank Indonesia, Erwin Haryono, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Linda Rohyati, S.Sos, M.Si Dinas Pariwisata Provinsi Banten serta Kepala Disparpora Kota Serang Yoyo Wicaksono, S.Sos, MM, .

Pada kesempatan tersebut, Erwin Haryono menyampaikan pentingnya UMKM untuk bertransformasi termasuk digitalisasinya antara lain melalui QRIS.  

Andi Achmad Dara dari Komisi XI DPR RI, menyampaikan apresiasi atas upaya Bank Indonesia yang secara konsisten dan menyeluruh melaksanakan program untuk mendorong pengembangan UMKM, termasuk yang dilakukan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten. 

Ia juga memotivasi pelaku UMKM agar berwawasan maju kedepan sebagai pengusaha handal, giat mencari peluang pasar dan harus siap menghadapi era digitalisasi.

Dalam acara penyerahan tersebut juga dilakukan dialog para penerima PSBI, secara umum disampaikan apresiasi dan harapan akan keberlanpsungan program PSBI, baik dalam bentuk bantuan PSBI maupun pendampingan usaha. 

Erwin Soeriadimadja berharap bantuan PSBI dapat dimanfaatkan secara optimal dan juga berharap langkah sinergitas antara Bank Indonesia dengan pelaku usaha serta pemerintah daerah maupun pihak lainnya dapat terus terjalin erat untuk memajukan UMKM di Provinsi Banten.

 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020