Tangerang (ANTARABanten) - Sebanyak 50 masjid di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Provinsi Banten, Rabu,  mengelar Salat Idul Adha 1431 Hijriah, yang diikuti ratusan ribu jemaah dari wilayah sekitarnya.

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia Tangsel Abdul Rozak di Tangerang, mengatakan sebagian besar Umat Muslim di daerah itau, melaksanakan Salat Ied, hari ini (17/11), sesuai pemberitahuan dari pemerintah.

"Sebagian besar melaksanakan Salat Ied hari ini, meskipun ada juga yang telah menggelarnya pada Selasa (16/11)," katanya.

Ia juga menejelaskan, adanya waktu penyelenggaran Salat Ied yang tidak bersamaan, namun itu bukan lah satu perpedaan, tapi bentuk toleransi yang justru menumbuhkan kebersamaan.

Mengenai pelaksanaan Salat Ied, menurut dia, selain di masjid dan musolah, banyak juga warga yang menggelar ibadah itu di tanah lapang. Tercatat 10 lapangan yang menjadi lokasi Salat Idul Adha di daerah iatu.

"Sudah rutin warga yang melaksanakan Salat Ied di lapangan. Sebab, luas masjid sendiri tidak bisa menampung seluruh jemaah," ujarnya.

Terkait perayaan Idul Adha, Rozak berharap agar semangat berkuban yang dilaksanakan warga pada Lebaran Haji ini, bersinergi dengan keinginan membangunan Kota  Tangsel.

"Pilkada sudah selesai, dan akan segera ditetapkan  wali kota dan wakil wali kota. Sehingga, pelayanan terhadap masyarakat bisa ditingkatkan dan terencana dengan baik," katanya.

Warga juga, diminta untuk terus menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama. Meski memiliki perbedaan keyakinan tetapi bukan sesuatu yang dapat memecah belah persatuan dan hidup berkeluargaan.

"Masyarakat harus merapatkan barisan dan mempererat kesatuan, sehingga bila ada ajaran yang bertentangan dengan Islam dapat diselesaikan bersama," katanya.

Untuk pelaksanaan Salat Ied kemarin, menurut dia, berdasarkan catatatan digelar di 12 masjid yang tersebar di enam kecamatan di daerah itu.

Rozak juga menjelaskan, rencana pembangunan Masjid Agung Kota Tangsel, yang akan dimulai 2011, setelah wali kota terpilih dilantik dan melaksanakan tugasnya.

"Lahannya sudah ada, yakni di Ciputat dekat dengan Gedung Pembangunan, dan kini sedang dalam proses menyelesaikan gembar dan perangkat lainnya," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010