Serang (ANTARABanten) - Menjelang pembukaan CPNS sekitar Oktober 2010, masyarakat diminta mewaspadai oknum yang menjanjikan masuk CPNS dengan meminta uang, termasuk adanya website Badan Kepegawaian Negara (BKN) palsu.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Acid Syamsuri di Serang, Jumat, mengatakan pada 6 September 2010 pihaknya menerima surat dari BKN Regional III di Jawa Barat dengan nomer 230/17 KR.III/IX/2010, perihal pemberitahuan tentang website BKN palsu yakni www.bknprofil.com.

"Surat pemberitahuan website BKN Palsu itu kami terima 6 September 2010 lalu. Oleh karena itu masyarakat harus berhati-hati," kata Acid Syamsuri.

Ia mengatakan, surat pemberitahuan dari Kantor BKN Wilayah III Jawa Barat itu ditujukan kepada BKD Provinsi Banten dan BKD yang ada di Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten.

Acid mengatakan, adanya surat pemberitahuan tersebut dari kantor BKN regional III, berkaitan dengan laporan dari masyarakat perihal website yang hampir menyerupai website asli BKN yang beralamat di www.bknprofile.com.

Karena website BKN tersebut palsu, sehingga segala isi atau data base dalam website tersebut juga palsu, karena yang asli adalah www.bkn.go.id atau www.sesmabkn.com, katanya.

"Kemungkinan ini berkaitan dengan pendataan tenaga honorer yang dilakukan akhir-akhir ini serta menjelang pembukaan CPNS. Oleh karena itu masyarakat harus wasapada," kata Acid.

Menurut Acid, biasanya menjelang penerimaan CPNS tidak sedikit oknum tertentu yang mengaku memiliki kenalan dengan pihak BKN atau BKD memanfaatkan situasi penerimaan CPNS, biasanya orang tersebut menjanjikan kepada korbannya masuk CPNS dengan memberikan jaminan sejumlah uang. Bahkan tidak sedikit oknum tersebut mencatut beberapa pejabat penting yang ada di Banten maupun di pusat.

Menurut dia, Pemerintah Provinsi Banten bersama delapan kabupaten/kota memperoleh kuota penerimaan calon pegawai negeri sipil pada 2010 sebanyak 1.997 orang, dari sekitar 3.600 yang diusulkan sebelumnya.

Ia mengatakan, perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2010 di lingkungan Pemprov Banten dan delapan kabupaten /kota masih menunggu penetapan rincian formasi jabatan dari Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) RI.

"Banten sudah mengusulkan rincian formasi jabatan itu, namun belum ada penetapan dari Menpan," kata Acid Syamsuri.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010