Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kota Metro Provinsi Lampung Misnan menyebutkan kasus positif virus corona di daerah itu kembali bertambah satu orang sehingga jumlah totalnya mencapai 65 kasus.

"Penambahan satu kasus hari ini adalah seorang laki-laki berinisial N (48) warga Kecamatan Metro Barat. Bertambah lagi satu orang, kini jumlahnya naik menjadi 65 kasus. Pasien ini tinggal bersama istri dan adik iparnya yang bekerja sebagai petugas pemadam kebakaran di Bandarlampung," kata dia di Metro, Rabu.

Baca juga: Ketua MPR Bambang Soesatyo dorong pengadaan vaksin COVID-19 sesuai koridor ilmiah

Ia menjelaskan, pasien memiliki riwayat perjalanan ke Kabupaten Lampung Tengah pada 10 Oktober 2020 untuk menghadiri pesta pernikahan.

Pada 19 Oktober 2020, N mengeluh lemas dan suhu tubuh meningkat, karena merasa sakit pasien berobat ke dokter praktik.

"Setelah berobat ke dokter praktik, yang bersangkutan disarankan untuk dirujuk ke RSUD Ahmad Yani Metro pada 23 Oktober 2020," jelasnya.

Di RSUD Jenderal Ahmad Yani yang bersangkutan kemudian dilakukan swab tes dan pada 27 Oktober 2020 berdasarkan hasil swab pasien dinyatakan positif COVID-19.

"Tim kesehatan tengah melakukan tracing kepada orang yang pernah kontak erat dengan pasien. Termasuk keluarga akan dilakukan rapid test," ucapnya.

Misnan menambahkan kondisi pasien saat ini mengalami penurunan dan dilakukan perawatan secara intensif di ruang isolasi di RSUD Ahmad Yani Metro.

Selain itu, penjabat Sekda Metro itu juga mengatakan Pemerintah Kota Metro telah mengeluarkan surat edaran kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah setempat untuk tidak bepergian keluar daerah selama libur panjang pada akhir Oktober ini.

Surat edaran yang ditandantangani Wali Kota Metro Achmad Pairin bernomor 065/20/SETDA/07/2020 tentang perubahan ketiga hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2020 tersebut merupakan upaya untuk mengurangi penyebaran COVID-19.

Meskipun tidak ada sanksi, ASN dan tenaga kontrak di Pemkot Metro diimbau untuk mematuhi surat edaran tersebut agar angka penularan COVID-19 di Bumi Sai Wawai tidak terus bertambah.

"Apalagi sampai saat ini angka COVID-19 di Kota Metro sudah 65 orang. Dengan tidak bepergian keluar daerah diharapkan angka penyebaran COVID-19 tidak bertambah," kata Misnan.

Pewarta: Hisar Sitanggang/Hendra Kurniawan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020