Serang (ANTARABanten) - Kantor Jasa Raharja Cabang Banten siap membayar santunan bagi korban kecelakaan yang terjadi selama Lebaran 1431 Hijriah secepat mungkin, dengan syarat ahli warisnya juga segera mengurus persyaratan dengan lengkap.

"Kita tentu tidak ingin ada korban kecelakaan terjadi selama arus mudik atau arus balik Lebaran, namun jika ada korban, Jasa Raharja di setiap cabang dan perwakilan di Banten khususnya, umumnya di Indonesia, siap membayar santunan," kata Kepala Jasa Raharja Cabang Banten H Bulzuardi di Serang, Jumat.

Didampingi Kepala Unit Pelayanan HN Chusaeni, ia menjelaskan, santunan kecelakaan bisa cepat dibayarkan apabila surat-surat yang diperlukan dengan cepat pula diurus oleh ahli warisnya seperti alamat rumah, KTP (kartu tanda penduduk), kartu keluarga dan surat keterangan kecelakaan dari pihak kepolisian setempat.

Bulzuardi menambahkan, sudah menjadi kewajiban Jasa Raharja untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para korban kecelakaan, sehingga petugasnya setiap hari mendatangi setiap kantor polisi untuk mengecek ada tidaknya korban kecelakaan.

"Jasa Raharja punya 'mobile service' penanganan santunan yang siap jemput bola. Tugas utamanya mengambil laporan polisi, kemudian mendatangi rumah ahli waris korban," kata Bulzuardi seraya menambahnya di kantornya memiliki tiga petugas untuk kegiatan tersebut, dan dua petugas di kantor cabang Tangerang.

Meski pihaknya menyediakan petugas yang siap jemput bola, namun di lapangan masih saja ditemukan kendala seperti ahli waris yang belum siap didatangi oleh petugas Jasa Raharja karena masih dalam berduka, dan korban kecelekaan tidak memiliki identitas seperti KTP dan kartu keluarga, sehingga proses pengurusan santunan menjadi lama, katanya.

Untuk menghindari praktik calo, ia menyarankan kepada ahli waris untuk mengurus sendiri di kantor Jasa Raharja terdekat, dan pembayaran santunan tidak lagi dengan tunai tetapi langsung di transfer ke rekening masing-masing ahli waris.

Selain memberikan santunan, Jasa Raharja Banten juga ikut peduli dalam kegiatan menjelang arus mudik dan arus balik Lebaran 2010 dengan mendirikan Posko kesehatan gratis di tempat-tempat strategis bekerja sama dengan bidang kedokteran dan kesehatan Polda Banten.

Ia menyebutkan, didirikan tiga posko kesehatan di areal Pelabuhan penyeberangan Merak, dan pos kesehatan keliling di terminal bus di Terminal Terpadu Merak, Terminal Pakupatan Kota Serang, Terminal Labuan di Kabupaten Pandeglang dan Terminal Mandul di Kabupaten Lebak.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010