Sebanyak 300 personel Satuan Brimo Polda Banten terdiri dari personel Batalyon A Pelopor, Batalyon B Pelopor, Batalyon C Pelopor dan personel Den Gegana menggelar apel siaga Search And Rescue (SAR) dan peralatan dalam rangka kesiapsiagaan menanggulangi terjadinya bencana alam di wilayah hukum Polda Banten.

Apel Gelar Pasukan tersebut adalah untuk menindaklanjuti petunjuk dan arahan Dankor Brimob Polri terkait apel kesiapsiagaan jajaran Korps Brimob Polri sebagai salah satu bentuk kesiapan Brimob menghadapi segala bentuk gangguan kamtibmas.

Baca juga: Sembilan RW di Kota Tangerang raih penghargaan kampung iklim dari KLHK

Apel ini dipimpin Komandan Satuan Brimob Polda Banten Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho di lapangan Mako Brimob Banten, di Serang, Jum'at.

Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Fiandar melalui Komandan Satuan Brimob Polda Banten Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho mengatakan apel tersebut dalam rangka kesiapsiagaan bencana di wilayah hukum Polda Banten.

"Apel pengecekan personel dan kendaraan ini dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan personel Brimob Banten guna menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di Banten dan mendukung progam zona integritas. Sehingga ketika dalam keadaan darurat kita siap bergerak dengan peralatan dan kendaraan dinas yang kita miliki," kata Dwi Yanto Nugroho.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini bertujuan untuk pengecekan pasukan, menyiagakan pasukan, serta penyampaian informasi dari pimpinan kepada anggota lanjut Dwi Yanto Nugroho.

Dwi Yanto Nugroho yang juga sebagai Kasatgas Ops daerah mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan personel jika daerah dalam siaga bencana.

"Kita juga berkordinasi dengan 'stakeholder' lainnya untuk menghadapi situasi kontijensi di wilayah hukum Polda Banten," kata Dwi Yanto Nugroho.

Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menambahkan pihak Polda Banten dan jajaran sudah mempersiapkan, baik itu personel maupun peralatan yang dibutuhkan apabila terjadi bencana alam di wilayah hukum Polda Banten.

Dalam apel tersebut juga menyiapkan alat SAR dan kendaraan, seperti speedboat karet, pelampung, dayung, tali caramantel dan sejenisnya, sekaligus pengecekan alat SAR dan kendaraan khusus SAR yang dimiliki oleh Brimob Banten.
 

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020