Jakarta, 9/6 (ANTARA) - Produsen cat, Nippon Paint meluncurkan produk terbarunya "spot-less" yang diklaim mampu bertahan sampai dengan lima tahun, menolak noda, serta ramah terhadap lingkungan.

"Kami menggunakan formulasi polymer latex yang sudah dipatenkan merupakan modifikasi 100 persen acrylic yang membuat produk ini tahan selama lima tahun," kata GM Nippon Paint, Jon Tan di Jakarta, Rabu.

Jon Tan mengatakan, formulasi ini meski tahan lama juga dirancang ramah terhadap lingkungan serta tidak membahayakan bagi lingkungan.

Kemampuan cat terbaru Nippon Paint ini telah diuji pakar desain interior, Anies Alkurratu serta selebriti ternama Shanaz Haque yang sangat perhatian terhadap produk ramah lingkungan.

Dalam rangka memperkenalkan produk ini kepada masyarakat Nippon Paint menggelar bincang-bincang yang menghadirkan kedua tokoh tersebut dengan dipandu desainer interior Otto Satyawan Rachmad.

Jon Tan, GM Nippon Paint mengatakan Nippon Spot-less merupakan cat yang tidak berbau, rendah VOC, ramah lingkungan dan memiliki sertifikat dari Singapore Green Label.

VOC (Volatile Organic Compound) merupakan bahan yang merusak yang ada di banyak produk termasuk cat didalamnya. Untuk mendapatkan Singapore Green Label, cat harus mengandung kurang dari 50g VOC per liter. "Kandungan VOC dalam cat Spot-less Nippon kurang dari 0.63 gram per liter atau mendekati zero," ujarnya.

Jon Tan berkeyakinan produk Nippon Paint akan dapat menembus angka Rp137.7 miliar pertahun. Untuk mencapai angka ini, berbagai pendekatan telah dilakukan yaitu dengan tetap fokus menakhlukan pasar kelas atas, ekspansi yang agresif pada jaringan distribusi, melakukan kampanye promosi yang agresif termasuk didalamnya roadshow, serta strategi harga yang menarik.

Dalam paparannya, Anies Alkurratu menjelaskan pentingnya arti sebuah dinding. Menurut dia dinding bukan sekedar tembok semata, namun dinding merupakan struktur dasar bagi sebuah rumah.

Desain interior yang sehat sesungguhnya merupakan gabungan dari elemen-elemen produk yang memenuhi unsur green desain, organik desain dan produk sehari-hari yang menciptakan kehidupan yang sehat bagi rumah dan lingkungan.

"Bila memilih cat misalnya, kita harus memilih yang seminimal mungkin mengandung bahan-bahan yang tidak beracun dan yang tentunya aman bagi kesehatan manusia," ujar Anies. 
   Shanaz Haque mengatakan, anaknya senang berkreasi dengan menggambar di tembok. Menurut dia kreativitas anak jangan dilarang. Namun dengan produk baru ini coretan yang ada didinding dapat dengan mudah dibersihkan.

Dalam acara Talk Show ?Living in Beautiful and Healthier Homes"  ini  juga dilakukan serangkaian demonstrasi keunggulan produk Nippon Spot-less.

Sebelumnya pada tahun 1960-an, Nippon Paint memperkenalkan cat Vinilex emulsion dari Jepang yang dikenal pula sebagai cat emulsion yang pertama ada pada saat itu.

Hingga saat ini, Vinilex masih menduduki posisinya sebagai pemimpin pasar (berdasarkan total quantity penjualan) di Indonesia. Dan kehadiran Nippon Spot-less ini juga diproyeksikan untuk menjadi pemimpin pasar di masa yang akan datang, kata Jon Tan optimis.


Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010