Pemerintah Kota Tangerang tengah menyiapkan Puskesmas Jurumudi Baru sebagai tempat isolasi bagi pasien COVID-19.

"Prosesnya sudah mencapai 90 persen dan hanya tinggal kelengkapan sarana penunjang yang belum rampung," kata Wali Kota Arief R Wismansyah saat meninjau Puskesmas Jurumudi Baru, Kecamatan Benda, Senin.

Baca juga: Warga minta Cawalkot Tangsel adu solusi kesehatan

Baca juga: IKA Untirta Apresiasi Program Kuliah Gratis Pemkab Serang

Dijelaskannya, Puskesmas Jurumudi Baru adalah tambahan fasilitas bagi tempat isolasi pasien dalam pengawasan wabah COVID-19 seiring dengan terus bertambahnya jumlah penderita.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Tangerang telah menyiapkan tempat bagi isolasi, yakni Puskesmas Gebang Raya, Puskesmas Panunggangan Barat dan Rumah Perlindungan Sosial.

Wali Kota Arief mengatakan, penambahan fasilitas ini merupakan upaya pemkot dalam penanganan secara maksimal kepada pasien setelah tidak diperkenankan bagi masyarakat berstatus OTG melakukan isolasi mandiri di rumah.

Dalam tinjauan yang dilakukan bersama sejumlah kepala OPD Pemkot Tangerang tersebut, Wali Kota meminta agar proses pembenahan puskesmas dilakukan dengan cepat agar dapat dipergunakan dalam waktu dekat.

"Dalam satu atau dua hari prosesnya harus sudah bisa selesai 100 persen. Agar bisa segera diisi pasien OTG yang harus melakukan isolasi. Perhatikan tentang sirkulasi udara dan jalur untuk petugas kesehatan serta pasiennya," ujarnya.

Sementara itu, tiga fasilitas isolasi bagi masyarakat dengan status OTG memiliki kapasitas total tempat tidur sebanyak 99 unit.

"Untuk Jurumudi Baru rencananya akan memiliki kapasitas 50 bed, jadi total bed sebanyak 149 unit," kata Wali Kota.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020