Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mengimbau masyarakat di daerah ini untuk mewaspadai angin kencang disertai hujan lebat seiring dengan adanya beberapa pohon tumbang.

"Kami hari ini menerima laporan pohon tumbang di Pasir Tangkil Warunggunung yang mengakibatkan arus lalu lintas Warunggunung-Pandeglang macet," kata Petugas BPBD Kabupaten Lebak Rohmat, Minggu.

Baca juga: Nelayan hilang diterjang gelombang tinggi di Lebak, Basarnas lakukan pencarian

Masyarakat Kabupaten Lebak diimbau meningkatkan kewaspadaan karena mulai memasuki masa pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan.

Biasanya, musim pancaroba ditandai hujan lebat disertai angin kencang hingga mengakibatkan bencana alam.

Saat ini, cuaca buruk yang melanda wilayah Kabupaten Lebak mengakibatkan beberapa pohon tumbang, namun tidak menimbulkan korban jiwa.

"Kami yakin, jika ada kendaraan melintasi jalan raya Pandeglang Rangkasbitung kemungkinan besar ada korban," tuturnya.

Menurut dia, selama ini wilayah Kabupaten Lebak menjadi langganan bencana alam jika memasuki masa pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan.

Potensi bencana itu, di antaranya banjir, banjir bandang, longsor, angin kencang, dan sambaran petir.

Begitu juga warga yang tempat tinggalnya terdapat pohon agar dilakukan penebangan karena dikhawatirkan adanya angin cukup besar. "Kami minta warga, jika cuaca buruk agar meningkatkan kewaspadaan guna mengurangi risiko kebencanaan," katanya.
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020