Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meminta para anggota Gerakan Pramuka di daerah itu ikut aktif membantu pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Melalui Gerakan Pramuka, saya menginginkan agar pramuka aktif dalam pencegahan dan penanggulangan wabah pandemi COVID-19. Para anggota Pramuka harus menjadi bagian untuk memberikan penyadaran pada masyarakat akan pentingnya menerapkan pola hidup sehat," katanya pada puncak peringatan Hari Pramuka Ke-59 tingkat Provinsi Banten di Serang, Rabu.

Peringatan Hari Pramuka tahun ini mengambil tema "Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana COVID-19 dan Bela Negara".

Wagub yang dalam struktur Gerakan Pramuka menjabat sebagai Wakil Majelis Pembina Daerah (Wakamabida) setempat tersebut bertindak sebagai inspektur upacara kegiatan itu di Aula Gedung Kwarda Banten.

Dalam kesempatan tersebut, Andika iuga mengingatkan pentingnya peran serta Pramuka dalam penanganan COVID-19 karena pandemi tersebut berdampak luas pada semua sektor kehidupan, bukan hanya sektor kesehatan, namun juga sosial, ekonomi, dan lainnya.

"Kepramukaan harus diterapkan, terutama dalam kehidupan bersosial kita," kata Andika.

Ia mengatakan keterlibatan anggota Pramuka dalam menangani persoalan masyarakat menjadi bagian dari keikutsertaan mereka dalam membela negara di tengah pandemi COVID-19.

Puncak peringatan Hari Pramuka 2020 tingkat Provinsi Banten juga dihadiri Ketua Kwarda Banten Mohamad Masduki, jajaran pengurus Kwarda Banten, para tamu undangan, serta perwakilan dari Kwarcab se-Provinsi Banten.

Selain upacara dilakukan secara langsung dan terbatas, jalannya peringatan juga dilakukan secara virtual yang diikuti para pengurus tingkat kecamatan se-Provinsi Banten.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020