Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan bantuan dan pinjaman permodalan diversifikasi usaha senilai Rp38.250.000 untuk meningkatkan perekonomian nelayan Karangantu, Kota Serang, Banten.

"Seperti disampaikan Pak Jokowi (Presiden RI) harus 'extra ordinary', salah satunya yang pertama adalah bagaimana caranya di tengah pandemi ini kami mencoba membantu nelayan pembudidaya yang kekurangan modal," kata Staf Ahli Bidang Ekologi dan Sumber Daya Kelautan KKP Pamuji Lestari saat melakukan kunjungan bersama Komisi IV DPR RI di Serang, Selasa (11/8).

Ia mengatakan hal tersebut dilakukan guna membantu permodalan usaha keluarga nelayan dalam meningkatkan perekonomian di masa pandemi COVID-19.

"Permodalan yang pertama kami mempunyai namanya Badan Layanan Umum. Lembaga ini bisa membantu permodalan keluarga nelayan dan bunganya juga sangat kecil hanya tiga persen," katanya.

Pihaknya juga memberikan bantuan peralatan diversifikasi usaha bagi perempuan nelayan berupa  peralatan "cool box" 50 paket, 10 perangkat laut Nusantara untuk membantu penangkapan ikan bagi nelayan, serta dua router untuk pembelajaran jarak jauh bagi anak-anak nelayan di Karangantu dari PT XL AXIATA.

"Tentunya komunikasi dengan baik sehingga kami dari pemerintah mempunyai satu data dan Informasi apa saja yang dibutuhkan masyarakat, dan mudah-mudahan bantuan ini dapat meringankan bagi nelayan yang terdampak," ucapnya.

Ia berharap, ke depan para nelayan lebih sejahtera dan selalu semangat, meski saat ini segala aktivitas terbatas karena pandemi.

"Mudah-mudahan ke depan masyarakat lebih baik lagi, tetap semangat. Dan semoga pendapatanya juga bisa lebih baik," kata Lestari.
 

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020