Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UKM Kota Tangerang Teddy Bayu Putra mengatakan ada empat aspek yang dikedepankan dalam pelatihan kepada pelaku UMKM.

Dia mengatakan, keempat aspek tersebut adalah peningkatan SDM, pembiayaan, pemanfaatan teknologi untuk penjualan online dan pemasaran melalui berbagai aspek.

"Melalui penekanan melalui keempat aspek tersebut, kami harapkan pergerakan ekonomi tumbuh kembali dan menggerakkan produksi pelaku UMKM," ujarnya.

Kabid UMKM, Katrina Iswandari menuturkan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM telah melakukan pelatihan bimbingan teknis untuk membantu UMKM yang terdampak pandemi. Setelah sebelumnya sempat rehat, pelatihan gelombang pertama ini diadakan kembali.

Salah satu peserta UMKM, Lamiana, menuturkan, pelatihan ini dapat menambah ilmu dan membantu pelaku UMKM untuk bersinergi dengan banyak pihak lainnya.

“Dengan adanya pelatihan ini, semangat kami kembali lagi, dan tau harus ke mana melangkah. Di mana pemanfaatan e-commerce itu, sangat penting di tengah masa pandemi ini,” terangnya.

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dengan pembagian pada hari pertama untuk pemaparan materi dari narasumber dan hari kedua pelatihan packaging dan branding.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020