Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Tangerang Cikokol Provinsi Banten telah mencairkan dana mencapai Rp300 miliar lebih untuk pembayaran klaim sejumlah jaminan sejak Januari hingga akhir Juli 2020.

Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Cabang Tangerang Cikokol, Hasan Fahmi di Tangerang Senin mengatakan, selama masa pandemi sejak Maret hingga kini, pencairan untuk layanan Jaminan Hari Tua (JHT) alami peningkatan yang sangat signifikan.

Dikatakannya, untuk jumlah klaim JHT yang telah dicairkan sebesar Rp311 miliar untuk 16 ribu lebih pemohon. Lalu untuk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dana yang telah dicairkan sebesar Rp11 miliar untuk 828 kasus.

Kemudian untuk Jaminan Kematian yang dikeluarkan sebesar Rp6,8 miliar untuk 191 kasus dan Jaminan Pensiun sebesar Rp4 miliar untuk 559 kasus.

"Dominasi pencairan adalah JHT karena banyak pegawai yang alami dampak dari pandemi ini sehingga terjadi pengurangan dan sebagainya hingga akhirnya melakukan pencairan Jaminan Hari Tua (JHT)," ujarnya.

Terkait proses pencairan, Hasan Fahmi mengimbau kepada masyarakat untuk bisa menggunakan jalur online dalam menghindari terjadi kerumunan. Meskipun, jika ada warga yang datang, BPJAMSOSTEK akan tetap melayani dan telah menyiapkan layanan One To Many dengan memperhatikan protokol kesehatan

Sebelum masa COVID-19, jumlah warga yang dilayani ada 150 orang namun kini dalam sehari bisa mencapai 400 orang. BPJAMSOSTEK tetap membatasi dengan jadwal yang ditentukan sehingga warga bisa memaksimalkan waktu yang ada.

"Layanan digital ini memberikan kemudahan dan kesalahan dalam sistem kelengkapan berkas serta yang penting adalah menghindari terjadinya kerumunan," paparnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020