Pemerintah Kota Tangerang Banten akan mengoptimalkan program "Tangerang Emas" berupa peminjaman tanpa bunga kepada UMKM dalam mengatasi bidang ekonomi akibat pandemi.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang Kamis mengatakan, Tangerang Emas adalah program yang bekerjasama dengan Bank BJB dalam peminjaman tanpa bunga.

"Ini bisa membantu UKM kedepannya dalam kembali mengembangkan usahanya pasca terdampak pandemi beberapa bulan terakhir," ujarnya dalam acara Rapat Koordinasi Bidang Keuangan dan Ekonomi yang bertempat di Ruang Akhlakul Karimah, Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis (16/7/2020).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Banten Wahidin Halim tersebut, turut dihadiri oleh Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar, Kepala BPS Provinsi Banten Adhi Wiriana, Kepala Perwakilan BI Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja, dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten Muhammad Masykur.

Selain itu, Wali Kota juga memaparkan sejumlah langkah dalam penanganan dampak Covid-19 terhadap perekonomian di Kota Tangerang.

Beberapa langkah yang dipaparkan diantaranya Bazar produk UMKM, Bimtek peningkatan daya saing UMKM, dan penjualan secara online. "Kita sedang bekerjasama dengan sejumlah pihak dalam membantu pemasaran produk UKM," ujarnya.

Kemudian, terkait peningkatan daya saing UMKM dan penjualan secara online, Arief menegaskan pihaknya sedang mendorong dan mempersiapkan digitalisasi UMKM.

"Dari total 15 ribu UMKM, sedang kita siapkan digitalisasi bekerjasama dengan Tokopedia dan Bukalapak. Karena menurut data, omzet dari pasar online naik sampai 400 persen," tambahnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020