Guna memenuhi pasokan pangan Kabupaten Pandeglang, Kelompok Tani (Poktan) Rahayu Sari Desa Langensari, Kecamatan Saketi melakukan gerakan tanam (Gertam) padi di lahan sawah seluas 175 hektar (Ha) pada Rabu (24/06/2020).

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang H. Budi S Januardi, saat ini luasan sawah yang telah ditanam padi sudah mencapai 75 Ha. 

“Dimana 75 hektar sudah ditanam, dan untuk 100 hektar lagi diperkirakan selesai dalam 1 pekan ke depan,” ujar Budi S Januardi di lokasi Gertam Poktan Rahayu Sari di Desa Langensari, Kecamatan Saketi.

Hadir pada acara gertam tersebut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang H. Budi S. Januardi  beserta Kabid Tanaman Pangan Iping Saripin, Muspika Kecamatan Saketi  yakni perwakilan Koramil, Kapolsek, perwakilan Camat, Kades Langensari, Koordinator Penyuluh (Korluh) Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Saketi, serta para petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) setempat. 

Budi S Januardi mengatakan, gertam ini merupakan upaya pencapaian target lahan tambah tanam ( LTT) keseluruhan di Kabupaten Pandeglang yang ditargetkan harus mampu mencapai diatas 9.500 ha.

Adapun sumber air untuk pesawahan yang dikelola Poktan Rahayu Sari tersebut berasal dari Sungai Cilemer dan Cikadueun yang tersedia sepanjang tahun, namun demikian posisi sumber airnya berada di bawah pesawahan. 

“Maka untuk mengaliri ke pesawahan, Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang memberikan bantuan pinjaman pompa sebanyak 4 unit. Sedangkan, benih yang ditanam adalah bantuan dari pemerintah berupa varietas Inpari 32 serta benih lainnya yang merupakan swadaya para petani,” imbuhnya.

Sekretaris Distan Pandeglang Dr. Nasir, mengatakan, pihaknya terus mendorong para petani untuk tetap menanam padi dengan gerakan percepatan tanam hampir di seluruh wilayah Kabupaten Pandeglang. 

Bahkan tambah Nasir, Kabupaten Pandeglang bisa mencapai LTT diatas 9500 ha, karena potensi luasan hamparan sawah yang siap tanam diperkirakan lebih dari 13.000 ha.

“Dalam situasi transisi menuju kondisi new normal, petani Pandeglang khususnya di Desa Langensari Kecamatan Saketi terus bergiat melakukan percepatan tanam agar target lahan tambah tanam Kabupaten Pandeglang tercapai,” katanya.


 

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020