Badan Pusat Statistik (BPS) Banten menggandeng pengelola apartemen dan kawasan elit di Provinsi Banten guna menyosialisasikan pengisian data pada pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) secara online.

BPS sebagai penyelenggara SP2020 memandang perlu untuk menggandeng pengelola apartemen dan kawasan perumahan elit menyukseskan Sensus Penduduk 2020, kata Kepala Bidang Statistik Produksi Hariyanto pada pembukaan acara Focus Group Discussion (FGD) Sensus Penduduk 2020 di Apartemen dan Kawasan Perumahan Elit Provinsi Banten yang dilaksanakan di Atria Hotel Gading Serpong Kabupaten Tangerang (12/03).

Dihadiri sebanyak 56 orang perwakilan dari apartemen dan kawasan perumahan elit yang ada di Provinsi Banten pada acara FGD tersebut, Hariyanto mengakui pendataan penduduk di wilayah elit tersebut menjadi tantangan tersendiri pada pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) yang sedang berlangsung di Indonesia.

Menurut Hariyanto, mereka tinggal di apartemen dan perumahan elit didorong oleh ketersediaan fasilitas serta privasi yang lebih terjamin, dan pertumbuhan penduduk yang tinggal di kawasan elit tersebut tiap tahun terus meningkat.
 
"Kawasan berkonsep kota mandiri dan modern mudah kita jumpai di Provinsi Banten, khususnya di wilayah Tangerang Raya (Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang)," ujarnya. 

Di dalam kota mandiri tersebut berdiri apartemen-apartemen serta cluster perumahan yang tergolong elit dimana mayoritas penghuninya adalah orang-orang dengan mobilitas tinggi.

Bank Indonesia merilis indeks supply properti komersial dan Indeks harga properti komersial pada 2019, yang menunjukkan adanya kenaikan di wilayah Banten untuk kedua indeks tersebut, khususnya apartemen. Pasokan naik tentu karena permintaan yang tinggi. 

Kegiatan FGD SP2020 Apartemen dan Kawasan Perumahan Elit diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya data kependudukan untuk mendukung program-progam evaluasi dan perencanaan pembangunan baik infrastruktur maupun pembangunan Sumber Daya Manusia. 

Dengan demikian, masyarakat yang tinggal di apartemen dan kawasan perumahan elit dapat berpartisipasi aktif mengisi sensus penduduk secara online melalui https://sensus.bps.go.id atau menerima petugas sensus pada Juli 2020 mendatang.

FGD SP2020 ini juga menjadi jembatan antara BPS dengan penghuni apartemen dan kawasan perumahan elit, sehingga informasi mengenai SP2020 dapat tersampaikan melalui jalur-jalur komunikasi yang dimiliki oleh pengelola apartemen dan kawasan perumahan elit tersebut. 

BPS mengajak seluruh peserta yang hadir untuk bersama-sama mengisi Sensus Penduduk secara online.

Endang, salah seorang peserta dari kawasan Metro Permata Kota Tangerang menyampaikan kesediaannya untuk memfasilitasi BPS bilamana ingin membuka pelayanan sensus online di kantor pengelola pada waktu-waktu tertentu.

Sementara peserta lain Nugroho dari Summarecon Serpong berjanji mengundang BPS untuk menyosialisasikan sensus tersebut kepada pengurus RT dan RW di kawasannya. "kami akan coba mengirimkan pesan dalam bentuk leaflet atau selebaran petunjuk pengisian SP Online melalui email blast ke penguhuni di Sumarecon Serpong,” katanya. 

Antusiasme para peserta FGD merupakan energi bagi BPS Provinsi Banten untuk terus menerus berupaya menyukseskan SP2020, kata Hariyanto.

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020