Pemerintah Kabupaten Serang berupaya meningkatkan ekonomi keluarga agar lebih mandiri melalui lomba Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS).

“Kami tetapkan dua desa di Kecamatan Tanara, yaitu Desa Cibodas dan Desa Lempuyeng untuk mengikuti lomba P2WKSS tingkat Kabupaten Serang,” kata Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tb Entus Mahmud saat koordinasi P2WKSS di Aula Tb Syamun Serang, Kamis.

Program P2WKSS adalah salah satu upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peran perempuan dalam keluarga.

Ia meminta masyarakat Kabupaten Serang menjaga pola hidup bersih dan sehat yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

“Pemenang dari lomba ini akan diikutsertakan di tingkat Provinsi,” ucap dia.

Kepala Dinas Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan dan Anak (DKBP3A) Kabupaten Serang Tarkul Wasyit menjelaskan program terpadu P2WKSS merupakan upaya peningkatan peran perempuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga yang berkualitas.

“Ini juga upaya kami untuk mengembangkan sumber daya manusia guna mewujudkan keluarga yang sehat sejahtera dan bahagia untuk pembangunan masyarakat desa,” katanya.

Ia menuturkan peserta P2WKSS ditentukan hasil survei dan ditetapkan melalui SK Bupati Serang sehingga dalam pembinaan dilaksanakan dari pemerintah, swasta, serta partisipasi masyarakat.

“Kami memilih dua desa tersebut karena masih ada rumah yang belum layak huni, belum memanfaatkan lahan kosong, dan ada keterampilan warga tetapi perlu ada pembinaan,” tuturnya.
 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020