Podomoro Golf View (PGV) sebagai unit bisnis dari PT Agung Podomoro Land Tbk menggelar "Festival Kebaya dan Batik Nusantara" sebagai kepedulian terhadap pelestarian warisan budaya Indonesia.

Head of Advertising and Promotion Department Podomoro Golf View, G Ardi Wijaya menjelaskan festival ini sebagai kebanggaan terhadap budaya Indonesia dengan menghadirkan kreativitas seni bagi masyarakat khususnya yang tinggal di wilayah Bogor.

"Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen PGV untuk menghadirkan sesuatu yang memberikan nilai positif untuk masyarakat sekaligus untuk terus mengingatkan bahwa kita memiliki budaya yang perlu untuk terus dikembangkan salah satunya batik," ujar Ardi.

Ardi menambahkan, Festival Kebaya dan Batik Nusantara ini diadakan di Marketing Lounge Podomoro Golf View yang berada tepat di exit tol Cimanggis, KM 19 tol Jagorawi, dari pukul 10.00 hingga 15.00 selama dua hari yaitu tanggal 29 Februari & 1 Maret 2020. 

Selama dua hari acara ini dihadiri oleh pengunjung sebanyak 350 orang. Ini membuktikan bahwa masyarakat sangat antusias mengikuti rangkaian acara PGV.

Acara ini selain menampilkan peragaan busana Batik Nusantara, kelas kecantikan, bazar makanan dan minuman, juga menghadirkan bincang-bincang dengan berbagai narasumber seperti Mumu Wahyu dari Komunitas Cinta Budaya dan Kebaya.

"Komunitas Cinta Budaya dan Kebaya mengapresiasi PGV sebagai penyelenggara acara yang memberikan manfaat positif ini. Masyarakat dapat memperoleh ilmu baru dan dapat menjadi inspirasi dalam melaksanakan aktivitas ke depan," ujar Mumu.

Ardi menjelaskan festival ini digelar sebagai jawaban atas beberapa pemikiran diantaranya dunia telah mengakuinya batik dan kebaya sebagai karya seni dan warisan budaya bernilai tinggi asli Indonesia. 

Fakta lain semarak batik yang indah menyiratkan filosofi yang luhur di dalamnya, salah satunya adalah motif Batik Kawung, sebuah motif tua yang berasal dari tanah Jawa yang dahulunya hanya digunakan oleh kalangan kerajaan saja.

Batik Kawung seyogyanya memiliki filosofi "pengendalian diri yang sempurna" suatu gambaran hati yang bersih dan ketetapan hati yang tidak perlu diketahui oleh orang lain.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020