Pemkab Pandeglang melalui Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pandeglang, siap menggelar Festival Hortikultura Tahun 2020. Rencananya, festival holtikultura akan berlangsung di lokasi Sub Terminal Cadasari Desa Cadasari Kecamatan Cadasari Kabupaten Pandeglang, Rabu, 19 Februari 2020 mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan  16.00 WIB.

Beragam kegiatan akan memeriahkan festival tahunan tingkat Kabupaten Pandeglang tersebut, diantaranya Kontes Durian Lokal Pandeglang, Kontes Olahan Buah dan Sayur, Kontes Kostum Unik memakai Hiasan Buah dan Sayur, Lapak Kadu, hingga ada bazaar produk hortikultura.

Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Pandeglang H. Budi S. Januardi mengatakan, Festival Hortikultura 2020 bakal menyajikan informasi visual mengenai potensi pengembangan sayur dan buah khas Pandeglang. “Berbagai keunikan buah dan sayur yang berasal dari komoditas lokal dari berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten Pandeglang akan dihadirkan di festival ini,” ujar Kadistan Pandeglang  H. Budi S Januardi, Selasa (18/02/2020).

Budi mengatakan, festival  tahuni ini mengambil tema Mewujudkan Sektor Hortikultura Kabupaten Pandeglang yang berdaya saing melalui Peningkatan Kemandirian pasokan Hortikultura dan Peningkatan SDM Hortikultura yang berkualitas.  

Festival hortikultura merupakan agenda tahunan Pemkab Pandeglang untuk memasyarakatkan komoditas hortikultura kepada seluruh masyarakat dan seluruh pelaku dunia usaha serta pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.

“Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang akan menyiapkan stand bazaar pameran untuk 35 balai penyuluh pertanian (BPP) kecamatan serta menyediakan stand/booth khusus berupa lapak durian maupun stand partisipatif dari Kelompok Tani (Poktan) dan masyarakat umum maupun stand organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pandeglang,” papar Budi S Januardi.

Dia menegaskan, festival ini terbuka untuk umum dan gratis dengan berbagai hadiah menarik yang sudah disiapkan panitia penyelenggara. “Insya Allah Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita akan membuka acara Festival Hortikultura Kabupaten Pandeglang tahun 2020,” tuturnya.

Dijelaskan, rangkaian festival diawali dengan melakukan senam bersama Bupati Pandeglang dan seluruh peserta yang hadir pada pukul 06.30 WIB, dilanjutkan dengan mengunjungi stand-stand yang ada di area utama sub terminal Cadasari. “Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan kontes kostum bertemakan hortikultura,” jelas Budi.

Dalam kesempatan tersebut, menurut Kadistan Pandeglang Budi S Januardi, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Dr. H. Dimyati Natakusumah, SH., MH., MSi  berkenan memberikan orasinya tentang Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia (SDM) Hortikultura bertempat di lokasi panggung utama festival hortikultura.

Launching Agripark Kaungcaang

Lebih lanjut Budi menjelaskan, seusai membuka festival hortikultura, sekitar pukul 10.30 WIB Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita diagendakan untuk melakukan peluncuran (launching red) destinasi wisata agro (Agripak) yang terletak di Desa Kaungcaang Kecamatan Cadasari Kabupaten Pandeglang.

Agripark Kaungcaang ini tepatnya ada di lokasi Balai Produksi Benih Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (BPBTPHP) yang merupakan salah satu dari unit pelaksana teknis (UPT) Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang.

Kawasan UPT BPBTPHP ini memiliki luas area sekitar 3 hektar, yang merupakan lahan tempat penangkaran benih, produksi perbibitan serta pengembangan komoditas hortikultura seperti buah-buahan dan sayuran yang dikelola hingga saat ini.

“Selesai launching agripark, kegiatan ditutup dengan acara bincang-bincang dengan warga sekitar dengan mengusung tema Harapan kemandirian benih hortikultura varietas lokal dalam upaya pemenuhan kemandirian pasokan bibit,” pungkasnya.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020