Pemerintah Kabupaten Serang Banten melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) siap menyalurkan beasiswa kepada 30 mahasiswa di Universitas Terbuka (UT).

“Sebanyak 25 anak merupakan program CSR Universitas Terbuka, sedangkan 5 anak lainnya melalui program Bidikmisi. Mereka semua diformalkan, semoga upaya yang kami lakukan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Serang,” kata Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah usai penandatanganan kerja sama dengan Universitas Terbuka di Pendopo Bupati Serang pada Senin.

Dia mengatakan bahwa perjanjian kerja sama sebelumnnya sudah dilakukan untuk memberikan kesempatan anak-anak Kabupaten Serang agar bisa mengenyam pendidikan di Universitas Terbuka.

Tatu juga mengajak Aparatur Negeri Sipil (ASN) Pemkab Serang yang ingin meniti karir dan perlu jenjang pendidikan yang lebih tinggi, namun terkendala waktu, maka harus memanfaatkan kesempatan untuk meneruskan program pendidikan magister (S2) dan Program Pendidikan Doktoral (S3) tanpa harus cuti kerja.

“Untuk memenuhi syarat karir maka ASN harus bisa memanfaatkan adanya Universitas Terbuka, ” ujarnya.

Naskah kerja sama tersebut ditandatangani Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Rektor Universitas Terbuka Ojat Darojat, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugraha, dan Kepala UPBJJ Universitas Terbuka Serang Maman Rumanta.

Turut hadir, Sekda Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri dan sejumlah mahasiswa Universitas Terbuka

Kepala Dindikbud Kabupaten Serang Asep Nugraha mengatakan beasiswa untuk anak-anak di Kabupaten Serang yang kuliah di Universitas Terbuka sudah diajukan oleh pihak Baznas Kabupaten Serang.

“Sudah kita ajukan dengan nilai sebesar-besarnya, untuk realisasinya tergantung dari pihak Baznas,” ujarnya.

Rektor Universitas Terbuka Ojat Darojat mengatakan, dengan adanya MoU diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Serang, beasiswa tersebut ditujukan bukan hanya yang sudah bekerja atau ASN, tetapi juga untuk anak-anak Kabupaten Serang yang baru lulus SMA.

“Anak lulusan SLTA di Kabupaten Serang harus tahu Universitas Terbuka merupakan pilihan alternatif ketika ingin masuk perguruan tinggi negeri dengan biaya yang terjangkau. Yang pasti, tujuan kami fokus pada peningkatan SDM di Kabupaten Serang,” ujarnya.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020