Polres Lumajang menyelidiki penyebab kecelakaan yang melibatkan kendaraan truk kontainer dengan bus pariwisata rombongan bidan Lumajang yang menyebabkan puluhan penumpang bus mengalami luka-luka di jalan umum Desa Wonoayu, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu sekitar pukul 14.30 WIB.

"Kendaraan bus pariwisata nopol N-7229-UQ berjalan dari arah utara ke selatan (Probolinggo ke Lumajang) mendahului kendaraan truk terlalu ke kanan, bersamaan dari arah berlawanan datang kendaraan truk kontainer nopol N-8276-UQ sehingga terjadi kecelakaan lalu lintas," kata Kasat Lantas Polres Lumajang AKP I Putu Angga Feriyana di Lumajang.

Akibat kecelakaan tersebut, lanjut dia, pengemudi truk maupun bus, dan penumpang bus yang merupakan rombongan bidan Lumajang mengalami luka-luka, baik luka berat maupun ringan. Dalam kejadian ini tidak ada korban yang meninggal dunia.

AKP I Putu Angga Feriyana menyebutkan jumlah korban sebanyak 46 orang dengan perincian 42 korban dirawat di RSUD Hariyoto Lumajang, dua korban dirawat di RS Bhayangkara Lumajang, dan dua korban dirawat di RS Wijaya Kusuma Lumajang.

Ia menjelaskan kondisi korban yang mengalami luka berat sebanyak delapan orang dengan kondisi patah kaki dan sebanyak 38 orang mengalami luka ringan yang mendapat perawatan di berbagai rumah sakit di Lumajang.

"Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), sementara faktor yg memengaruhi terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah pengemudi kurang waspada, kondisi jalan licin akibat hujan, dan pengemudi bus mendahului terlalu melebar di tikungan," katanya.

Setelah mendapatkan informasi kecelakaan itu, Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar bersama Kasat Lantas AKP I Putu Angga Feriyana menuju lokasi dan petugas melakukan koordinasi dengan rumah sakit atau puskesmas terdekat untuk mengevakuasi korban kecelakaan di Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang.

"Setelah selesai mengevakuasi korban untuk dibawa ke rumah sakit, petugas mengevakuasi kendaraan truk kontainer dan bus dengan menggunakan dua derek, serta mengatur arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan dan kendaraan yang melintang di jalan baru selesai dievakuasi ," ujarnya.

Informasi yang dihimpun di lapangan, kecelakaan di jalan Desa Wonoayu, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang menyebabkan akses jalur Lumajang-Probolinggo macet total.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020