Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meminta kepada para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di wilayah kerjanya agar segera melaksanakan semua program yang sudah dibuat pada awal tahun ini.

"Terkait dengan program-program yang sudah dibuat di masing-masing OPD harus segera dilaksanakan, jadi dengan diserahkannya DPA maka harus mulai jalan, misal program-program yang harus dilelangkan. Januari ini harus mulai, karena ada yang pelaksanaannya cukup panjang dan juga memperhitungkan kondisi cuaca saat ini," kata Tatu usai penyerahan dokumen pelaksanaan anggaran tahun 2020 di Aula TB Suwandi Setda Kabupaten Serang, Selasa (07/01).

Ia mengatakan, pada triwulan pertama ini Pemkab Serang memiliki progres untuk rapat anggaran, karena masyarakat saat ini menunggu program yang dibutuhkan. Oleh karena itu programnya harus segera dijalankan.

Secara teknis masing-masing OPD sudah membagi mana yang triwulan pertama, kedua, ketiga dan selanjutnya yang disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki, yang pasti pemegang anggaran harus duduk bersama dengan OPD.

"Karena dana yang masuk dari pajak dan retribusi serta yang lainnya harus disesuaikan dengan OPD yang punya target, maka harusdibicarakan dengan bagian keuangannya. Tapi kalau lelang harus segera dilakukan karena mereka menghitung uang muka, setelah itu mereka bekerja dulu baru bisa ditagihkan," katanya.

Terkait dengan pembangunan Pusat Pemerintahan Kabupaten Serang, Tatu menjelaskan tahun ini sudah dianggarkan, namun untuk lokasi atau tanah yang akan digunakan masih ada ketentuan yang harus sikapi oleh BPN.

"Untuk pembangunan Puspemkab sudah dianggarkan, untuk masalah tanahnya mudah-mudahan bisa selesai di awal tahun, karena saat ini ada beberapa hal yang kewenangannya di BPN, tapi insya Allah tahun ini bisa terealisasikan," kata Tatu.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020