Kapolres Tanah Laut, AKBP Cuncun Kurniadi memastikan seluruh sarana pendukung untuk penanggulangan bencana yang dimiliki Polres siap digunakan.

"Semuanya sudah saya cek guna kesiap-siagaan personel beserta peralatannya jika sewaktu-waktu terjadi bencana di musim hujan sekarang," kata Cuncun di Pelaihari, Sabtu.

Adapun sarana prasarana yang dimiliki Polres Tanah Laut dalam membantu di saat operasi SAR (Search and Rescue) itu, diantaranya perahu karet, speed untuk patroli Binmas perairan hingga rompi pelampung dan ban besar.

Kemudian juga ada berbagai alat untuk memotong seperti senso atau mesin gergaji yang biasa digunakan untuk memotong kayu terutama untuk memotong dahan pohon yang tumbang hingga mesin pompa untuk menyedot air.
Polres Tanah Laut siap membantu operasi penanggulangan bencana di musim hujan. (antara/foto/firman)


Menurut Cuncun, pengecekan guna memastikan semua alat siap dan berfungsi baik saat akan digunakan. Sehingga personelnya bisa berbuat maksimal dalam membantu ketika terjadi bencana seperti banjir, tanah longsor hingga pohon tumbang.

"Khusus anggota Satuan Polairud juga saya minta siaga dan terus memantau perkembangan wilayah pesisir perairan, karena biasanya jika sungai meluap maka banjir bisa tiba-tiba datang," tambahnya.

Cuncun menyatakan, kesiap-siagaan jajarannya menindaklanjuti instruksi Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Yazid Fanani yang telah mengingatkan seluruh pihak terkait agar siap siaga untuk ketanggapsegeraan jika terjadi bencana.

Untuk Kabupaten Tanah Laut, ada beberapa wilayah rawan banjir tahunan di musim hujan. Seperti di Desa Asamasam Kecamatan Jorong, Desa Salaman Kecamatan Kintap, dan Desa Damit Hulu Kecamatan Batu Ampar.

Pewarta: Firman

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020