Pemerintah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, siap melakukan Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) untuk mendorong keberhasilan pembangunan pertanian.

"Kostratani akan menjadikan Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP sebagai pusat pembangunan pertanian yang melibatkan seluruh pelaku pertanian di kecamatan," kata Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat di Indramayu, Jumat.

Taufik menjelaskan Kostratani merupakan gerakan pembaharuan pertanian dimulai dari BPP di tingkat kecamatan untuk mengoptimalkan tugas, fungsi dan perannya dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan pertanian.

Adanya Kostratani, lanjut Taufik, bisa membuat simpul koordinasi menjadi lebih baik dalam pembangunan pertanian di daerah.

Selanjutnya Kostratani juga sebagai satu data yang akan berguna bagi pemangku kepentingan dalam menentukan kebijakan yang tepat serta pusat pembangunan pertanian.

"Tentu kami akan mendukung gerakan Kostratani di terapkan di Indramayu," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Indramayu Takmid mengatakan untuk tahun ini Kostratani baru akan diterapkan di lima kecamatan, yakni Lelea, Cikedung, Kandanghaur, Anjatan dan Gantar.

"Sebagai pilot project, dari masing-masing BPP akan dilatih sebagai petugas sebanyak dua orang," katanya.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019