Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mempersiapkan informasi cuaca bagi wisatawan yang akan mengunjungi sejumlah destinasi di Jawa Tengah.

"BMKG telah mempersiapkan informasi cuaca bagi wisatawan yang ingin mengetahui prakiraan cuaca di destinasi yang ingin dikunjungi selama libur Natal dan tahun baru 2020," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Kamis.

Dia mencontohkan, objek wisata dimaksud antara lain Baturraden, Dieng, Lawang Sewu, Borobudur dan lain sebagainya.

Dia mengatakan informasi cuaca tersebut khusus disiapkan untuk menyambut momentum libur Natal dan tahun baru.

"Informasi cuaca yang dipersiapkan diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang ingin berlibur sehingga masyarakat dapat mengetahui sejak awal bagaimana kondisi cuaca di tempat wisata yang dituju," katanya.

Informasi cuaca tersebut, kata dia, juga diharapkan menjadi rujukan bagi seluruh pihak terkait guna mendukung upaya mitigasi atau pengurangan risiko bencana.

Sementara itu, dia kembali mengingatkan bahwa sejumlah wilayah di Jawa Tengah masih berpeluang hujan kriteria menengah hingga akhir Desember 2019.

"Pada dasarian dua hingga dasarian tiga atau akhir Desember 2019 sejumlah wilayah di Jawa Tengah pada umumnya berpeluang hujan dalam kriteria menengah yakni 21 - 150 milimeter per dasarian," katanya.

Dia menyebutkan, sejumlah wilayah dimaksud antara lain Banyumas, Purbalingga, Kebumen, Cilacap, Purworejo, Tegal dan lain sebagainya.

Sementara itu, dia juga menambahkan bahwa berdasarkan hasil monitoring hari tanpa hujan (HTH) diketahui bahwa pada awal Desember hingga saat ini HTH di sejumlah wilayah seperti Banjarnegara , Banyumas, Purbalingga dan sekitarnya termasuk dalam kategori sangat pendek yaitu 1 hingga 5 hari.

"BMKG kembali mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat tingginya curah hujan dikhawatirkan dapat memicu bencana longsor, banjir dan angin kencang," katanya. 
T.W004

Pewarta: Wuryanti Puspitasari

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019