Bank Indonesia (BI) Banten dan 11 bank menyatakan telah siap menyediakan kebutuhan uang bagi masyarakat untuk keperluan Natal dan Tahun Baru 2020.

"Kami bersinergi dengan 11 bank yaitu BNI, BRI, Mandiri, BJB, Bank Tabungan Negara, Bank Central Asia, Bank Negara Indonesia, Bank Mandiri Syariah, Bank Rakyat Indonesia Syariah, Bank Permata, dan Bank UOB, untuk menyediakan kebutuhan uang bagi masyarakat," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja di Serang, Selasa. 

Erwin juga menyampaikan agar masyarakat menyiapkan uang elektroniknya sebelum melakukan perjalanan. 

"Bekerjasama dengan perbankan dan merchant retail, masyarakat dapat melakukan top up di rest area sepanjang jalan tol Tangerang Merak." katanya.

Erwin menyampaikan pesan untuk Belanja Bijak menjelang libur hari raya keagamaan dan akhir tahun. "Masyarakat diharapkan dapat berbelanja dengan bijak dan tidak berlebihan," katanya. 

Ia menyebutkan ada empat kiat belanja bijak yang disampaikan Kepala Perwakilan yaitu, berbelanja sesuai kebutuhan;  membuat list/daftar belanja yang dibutuhkan bukan diinginkan; berbelanja bahan makanan pengganti bila barang yang dicari harganya mahal dan tidak menimbun barang atau makanan. 

Sementara itu, Vice President pemasaran PT. ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin menyatakan optimistis layanan angkutan penyeberangan selama Natal dan Tahun Baru 2020 dapat berjalan aman, lancar dan nyaman dengan target 2,2 juta penumpang dan 305 ribu kendaraan roda empat yang akan dilayani di 9 lintasan terpantau nasional.

"Untuk layanan Natal dan Tahun Baru ini, ASDP tetap mengedepankan digitalisasi dengan mendorong pembeli antiket secara online untuk mendapatkan kemudahan dan proses yang cepat. ASDP juga telah menyediakan vending machine untuk pembelian tiket di Pelabuhan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, dimana penumpang pejalan kaki tetap dimudahkan jika ingin membeli tiket di pelabuhan dengan transaksi pembayaran non tunai," katanya.

Kepala Divisi Hukum dan Humas PT MMS Indah Permanasari memprediksi arus lalu lintas di jalan tol Tangerang Merak akan meningkat sekitar 30 persen dibanding arus harian.

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019