Bupati Bangka, Mulkan mengingatkan masyarakat daerahnya siaga banjir karena sudah memasuki musim penghujan.

"Saya mengingatkan masyarakat terutama di daerah rawan banjir agar tetap memperhatikan kebersihan lingkungan," katanya di Sungailiat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Minggu.

Dikatakan, sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan adanya banjir besar hanya ada banjir kecil di Lingkungan Sidodadi dan sudah dapat diatasi.

"Kami melalui dinas terkait dengan melibatkan kelompok relawan tetap siaga mengatasi jika terjadi bencana banjir," katanya.

Meskipun intensitas hujan mulai tinggi namun bupati berharap, tidak terjadi banjir besar mengingat sarana infrastruktur di kawasan rawan banjir sudah di perbaiki.

"Untuk dibeberapa tempat sudah dilakukan perbaikan drainase maupun pengerukan lumpur yang selama ini menghambat aliran air di arah hilir," ujarnya.

Menurut bupati, pencegahan musibah banjir dapat dilakukan secara dini dengan cara meningkatkan kedisplinan masyarakat peduli dengan lingkungan sekitar.

"Biasakan membuang sampah pada tempatnya dan melakukan pembersihan rutin di aliran air dari segala sampah yang dapat menghambat aliran air," jelasnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019