Gubernur Banten Wahidin Halim kembali menekankan para pejabat di lingkungan Pemprov Banten agar berlaku jujur, memegang amanah serta tidak korupsi.

"Harus jujur, harus amanah. Jangan korupsi." kata Gubernur Banten Wahidin Halim saat melantik dua pejabat eselon II hasil lelang jabatan di pendopo Gubernur Banten di Serang, Selasa.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Banten Wahidin Halim melantik Moch Tranggono sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Aan Muawanah sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan.

Pelantikan ini juga dihadiri oleh Wagub Banten Andika Hazrumy, Sekda Al Muktabar, dan para kepala OPD.

"Jangan terpengaruh oleh orang-orang yang mengaku-ngaku sebagai orangnya WH atau orangnya siapapun. Fokus pada kerja," kata Wahidin.

Gubernur WH juga berpesan kepada para kepala OPD di Provinsi Banten agar rajin mencari peluang untuk pembangunan daerah di kementerian atau pusat dalam rangka koordinasi dan konsultasi.

"Untuk rapat di kementerian minimal kepala dinas, tidak boleh eselon III. Bisa sekretaris daerah, wakil gubernur, atau gubernur," katanya.

Gubernur Banten juga mengatakan, langkah Pemprov Banten yang kini sedang membangun ekonomi masyarakat dengan membuat BUMD Agribisnis.

"Tujuannya untuk memotong jalur distribusi dan menghindarkan petani dari rentenir," katanya.

Diketahui pada tahun 2020 nanti, sektor pertanian dan nelayan menjadi salah satu program prioritas Pemprov Banten. Diantaranya melalui pendirian BUMD Agrobisnis, pasar induk dan pusat distribusi serta pelabuhan nelayan.

"Akan menjadi sarana bagi keberlangsungan kesejahteraan petani dan nelayan di Provinsi Banten," kata Wahidin.

Empat wilayah di Provinsi Banten termasuk produsen atau pemasok beras nasional. Sentra produksi padi berada di Kabupaten Serang, Tangerang, Lebak, dan Pandeglang. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi Banten, luasan panen padi di Provinsi Banten mencapai 331 ribu hektar dengan produksi 1,60 juta ton.

Di tingkat nasional, Provinsi Banten juga produsen tertinggi anggrek tangkai nasional. Produsen tertinggi kedua daging ayam ras dan daging kerbau. Produsen tertinggi ketiga telur ayam ras, serta produsen tertinggi keempat daging sapi.

Komoditas unggulan Provinsi Banten lainnya adalah emping melinjo, gula aren, manggis, dan kopi.

Pewarta: Mulyana

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019