PLN memberikan insentif bagi para pemenang Jakarta Marathon 2019 salah satunya kepada Hamdan Syafril Sayuti selaku pemegang juara pertama kategori full marathon pria.

Penghargaan juga diberikan kepada  seorang pelari marathon kategori full marathon, yang sudah tujuh kali ikut serta yakni Kolonel Purnawirawan Surachman Cadaka (76 tahun), asal Bandung. 

"Insentif kami berikan kepada 50 pemenang dari berbagai kategori," kata Race Director of Electric Jakarta Marathon 2019, Riena Tambunan di Jakarta, Selasa.

Riena Tambunan mengaku puas dengan penyelenggaraan Electric Jakarta Marathon 2019. 

Riena menyampaikan sejumlah catatan terkait dengan penyelenggaraan event tahunan ini diantaranya  perlu dukungan lebih besar lagi dari pihak Gelora Bung Karno/GBK dan juga aparat kepolisian, maupun pemerintah setempat terutama terkait kemudahan perizinan. 

Baca juga: Antisipasi banjir PLN pelihara gardu listik rumah pompa

Baca juga: Pameran otomotif ajang memperkenalkan teknologi listrik

Baca juga: Untuk keandalan listrik PLN jalin sinergitas dengan "stakeholder"

“Ini penting saya kemukakan, mengingat dalam penyelenggaraan Jakarta Marathon, pemerintah turut berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan di bidang sport tourism (wisata olah raga)," ujar dia.

Riena berharap  ke depan penyelenggaraan Electric Jakarta Marathon agar lebih dapat ditingkatkan kualitasnya sampai bisa mencapai kategori Gold Label, karena untuk mencapai predikat tersebut, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi.

“Saat ini menjadi momentum yang tepat bagi Indonesia untuk membangun industri lari khususnya untuk penyelenggaraan marathon, mengingat penyelenggaraan olahraga lari sudah banyak diselenggarakan di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, oleh berbagai lembaga dan instansi," ujar dia.

Riena mengatakan kesiapan Indonesia untuk mencapai hal ini sudah dimulai dengan berdirinya sekolah untuk lari, dukungan berbagai pihak terhadap penyelenggaraan event lari, serta tersedianya sejumlah SDM berkualitas yang ada di Indonesia.

"Selain tercatat nama sejumlah atlet pelari marathon, di Indonesia ada seorang Race Director yang juga memiliki sertifikasi dan keahlian dalam bidang marathon, dan profesi kesehariannya adalah sebagai seorang pelatih (coach) untuk lari," ujar dia.

Sebelumnya  Plt. Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan pemberian insentif kepada para pemenang Electric Jakarta Marathon 2019 merupakan komitmen PLN untuk menjadi terdepan sebagai  influencer energy.

"Hal ini sesuai  harapan Presiden RI Bapak Joko Widodo, agar BUMN juga mampu menjadi garda terdepan dalam mempersiapkan SDM unggul berkualitas dan juga sehat, ke depannya kami akan buat program yang diharapkan menjadikan salah satu olahraga cabang atletik ini, sebagai bagian dari kebersamaan kami,” kata  Inten, di tengah acara “Family Fun Day Keluarga Besar PLN MInggu (10/11). 

 

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019