Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pandeglang Pery Hasanudin menyampaikan, Program  inovasi desa merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa, agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas  dan kesejahteraan masyarakat, maka untuk itu harus bisa berinovasi, mengembangkan potensi di daerahnya masing-masing.

“Dengan adanya inovasi desa, diharapkan mampu menerapkan program inovasi kreatif, agar dapat mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa, yang diorientasikan untuk memenuhi pencapaian target, melalui peningkatan produktivitas perdesaan," kata Pery Hasanudin saat memberikan arahan kepada para peserta Rapat Koordinasi Tim Inovasi dan Evaluasi P2KTD Program Inovasi Desa, di salah satu Hotel Carita, Kamis (7/11).
 
Menurut Pery, program inovasi desa merupakan salah satu upaya mengembangkan rencana dan melaksanakan pembangunan Desa secara berkualitas, agar dapat meningkatkan produktifitas masyarakat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya  saing.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa DPMPD Kabupaten Pandeglang Samsam Setia Mulya mengatakan, program inovasi desa merupakan upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa.

"Rakor ini tidak lain untuk  memberikan banyak referensi dan inovasi-inovasi pembangunan desa, serta memperkuat peran pendamping dengan banyak referensi dalam proses pendampingan program pembangunan pemberdayaan masyarakat dan desa," katanya.

Lebih lanjut Samsam menjelaskan, bahwa program inovasi desa merupakan inovasi dalam praktek pembangunan dan pertukaran pengetahuan.

"Inovasi ini dipetik dari realitas/hasil kerja desa-desa dalam melaksanakan kegiatan pembangunan yang didayagunakan sebagai pengetahuan untuk ditularkan secara meluas," katanya.

Samsam mengungkapkan, Rapat Koordinasi TIK dan Evaluasi P2KTD ini, sebagai evaluasi terhadap program inovasi desa yang telah di laksanakan sebelumnya. 

"Rakor ini untuk menemukan keunggulan dan kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan yang telah di laksanakan, serta mendiskusikan langkah-langkah apa saja untuk perbaikan dalam peningkatan kualitas program inovasi desa, yang terfokus pada bidang pengembangan ekonomi lokal, kewirausahaan, pengembangan SDM serta infrastruktur desa," ujarnya.

Kegiatan Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten dan Evaluasi P2KTD program Inovasi desa di ikuti oleh para Ketua Tim Inovasi Kabupaten Pandeglang, tenaga ahli P3MD, Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID), perwakilan Direktur P2KTD PID Kabupaten Pandeglang, serta perwakilan pendamping desa. 

                                    
peserta rakor tim inovasi dan evaluasi P2TKD DPMPD Pandeglang (Deni Setiadi)

Pewarta: Deni Setiadi

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019