Pemerintah Kabupaten Serang memberikan beasiswa kepada 51 mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) pada momen peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 tahun.

Pemberian beasiswa tersebut diserahkan secara  simbolis dalam acara penandatanganan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Serang dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) di Kampus Untirta Serang pada Senin (28/10/2019).

 Penandatangan kerja sama dilakukan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang dengan Rektor Untirta Dr. H. Fatah Sulaiman yang disaksikan langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. 

“Perjanjian kerjasama ini menjadi bagian yang mendasari legalitas atas aktivitas penetapan hak dan kewajiban antara Untirta dan Pemkab Serang,” kata Tatu dalam sambutannya. 

Tatu mengungkapkan, pada 2018 Dindikbud Kabupaten Serang melakukan perjanjian kerjasama dalam proses pemberian beasiswa untuk 38 mahasiswa asal Kabupaten Serang pada Program Pendidikan dan Pelatihan Industri Kimia (P3TIK) di Untirta. saat ini seluruh mahasiswa tersebut telah selesai diwisuda.

Selanjutnya pada tahun 2019 kata Tatu, Pemkab Serang kembali menitipkan sebanyak 44 mahasiswa melalui program pendidikan yang sama atau PT3TIK. Dan pada tahun ini pula, Pemkab Serang memberikan beasiswa untuk 7 mahasiswa yang telah lolos seleksi pada program pendidikan di Fakultas Kedokteran Untirta.
 
“Jumlah penerima beasiswa tahun ini bertambah, dengan dukungan biaya dari APBD Kabupaten Serang,” ujarnya. 

Selain itu ia menambahkan, Pemkab Serang melalui program corporate social responsibility (CSR) BUMD PD BPR Serang, telah membantu untuk biaya masuk dan biaya kuliah selama dua semester untuk dua mahasiswa, yakni Mohamad Akbar Ananda asal Kecamatan Pontang, yang tercatat di Fakultas Pertanian Jurusan Agroekoteknologi dengan nilai Rp15 juta, dan Acip Saepullah Asal Kecamatan Tirtayasa yang tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Hukum sebesar Rp18 juta. 

Tatu berharap, para mahasiswa penerima beasiswa bisa menjalani perkuliahan dengan baik, yang pada akhirnya bisa mengabdikan diri untuk masyarakat Kabupaten Serang.

“Ke depan saya berharap, agar kerjasama ini dapat dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Untirta Fatah Sulaiman mengapresiasi kinerja Bupati Serang yang berinovasi memberikan beasiswa kepada mahasiswa melalui APBD. Inovasi atau kebijakan ini akan ditiru oleh daerah lain di Banten.

“Ibu Bupati Serang sudah memotivasi kepala daerah lain yang berinsiatif memberikan beasiswa di Fakultas Kedokteran Untirta kepada warganya,” ujarnya.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019