Dalam rangka memperingati ulang tahun yang ke - 38, PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) melaksanakan program corporate social responsibility pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam bentuk pemberian dan penanaman 50.000 bibit pohon sengon kepada 500 petani di Kabupaten Serang Banten, Minggu (20/10). 

Presiden Direktur CNAF Ristiawan Suherman mengatakan, upaya ini merupakan wujud komitmen dan dukungan CNAF untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. "Kami berharap para petani dapat menggunakan hasil budi daya pohon sengon untuk membantu perekonomian anggota kelompok tani, " katanya. 

Para petani yang telah memperoleh bibit pohon sengon tersebut diharapkan bisa menanam, memelihara dan mengelola hasil panen, dengan dibantu oleh para ketua kelompok tani serta Balai Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Banten yang melakukan kontrol dan evaluasi.

"Dengan pemilihan bibit yang baik dan lokasi penanaman yang sesuai, para petani dapat membudidayakan pohon sengon ini untuk mendapatkan hasil panen yang optimal, " ungkapnya. 

Pihaknya juga menambahkan alasan Kabupaten Serang dipilih untuk penanaman pohon, karena Kabupaten Serang mempunyai lembaga yang menaungi petani yang bisa diajak bekerjasama, lahan yang memadai untuk penanaman pohon sengon, terahir polusi di Kabupaten Serang masih lumayan tinggi terdampak dari berdirinya industri sehingga selain bisa memberdayakan ekonomi petani tetapi juga memberikan dampak baik bagi lingkungan yakni mengurangi tingkat polusi pencemaran udara sekitar.

Hal senada juga dibenarkan oleh Istiana Windu Kartika sebagai Kepala seksi penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Banten.

"Kami sangat berterimakasih karena hutan di Banten semakin berkurang. Semoga CSR ini terus ditingkatkan dan bermanfaat bagi masyarakat. Kami membina 70 kelompok tani hutan,  kami berharap program penanaman ini diimbangi dengan pemeliharaan supaya pohon sengon bisa benar bermanfaat dan menjadi sumber penghidupan kedepannya, apalagi seperti kita tahu hutan kita semakin berkurang sementara industri semakin banyak, "Imbuhnya.

Alasan lainnya, CIMB Niaga Auto Finance yang membiayai kredit kendaraan bermotor juga ingin berkobtribusi atas efek usahanya. "kami sudah membiayai 50.000 lebih kendaraan bermotor yang kami sadar itu turut menyumbang tingkat emisi gas karbon yang mencemari udara, sehingga saya berfikir kenapa tidak CSR yang kami keluarkan juga bisa membantu memperbaiki lingkungan akibat pencemaran udara," ujarnya.

Dalam progresnya pihak CNAF juga telah merubah bisnis yang ramah lingkungan sehingga mengurangi penggunaan kertas, sehingga semua bisa terkoneksi dengan gadget dan komputerisasi,  yang kedepan diharapkan bisa diikuti oleh perusahaan pembiayaan lainnya. 

Dimulainya program pemberdayaan ekonomi masyarakat tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)  tentang budi daya pohon sengon antara CNAF dengan 20 kelompok tani yang mewakili 500 anggota. 

"Kami bersyukur inisiatif CNAF ini berhasil memecahkan rekor MURI sebagai penandatanganan MoU penanaman pohon sengon kepada petani terbanyak dari 1 Kabupaten, " ungkapnya. 

Kegiatan penanaman bibit pohon tersebut turut dihadiri oleh jajaran Direksi CNAF, Pjs Kepala Desa Bandulu Tamami Ulum, dan para pejabat setempat lainnya serta dari 500 CNAF Volunteer.

Pewarta: Susmiyatun Hayati

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019