Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin mengatakan, LPTQ sebagai wadah pembinaan dan pelatihan bagi qari dan qariah untuk memberikan pembinaan yang maksimal menghadapi event yang lebih tinggi hingga tingkat nasional.

"Optimalkan program - program pembinaan di bidang keagamaan. Gali seluruh potensi dari peserta yang dihasilkan dari MTQ ini supaya siap untuk level yang lebih tinggi," ucapnya di Tangerang, Minggu.

Sebelumnya, Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-20 tingkat Kota Tangerang yang berlangsung selama empat hari sejak tanggal 16 - 19 Oktober 2019 dengan Kecamatan Pinang sebagai tuan rumah telah usai diselenggarakan.

Ajang MTQ tahun 2019 ini diikuti tak kurang dari 644 peserta yang berasal dari 13 kecamatan yang ada di Kota Tangerang dengan 10 cabang yang dilombakan.

Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin menyatakan ajang tahunan bagi para qari dan qariah ini bukan hanya sebatas lomba atau musabaqah membaca Al - Quran semata.

Pada event MTQ tahun 2019 ini, Kecamatan Ciledug berhasil terpilih sebagai juara umum dengan total raihan nilai sebanyak 141, kemudian disusul Kecamatan Batuceper dengan nilai 87 dan Kecamatan Cipondoh nilai 58.

Untuk lomba pawai ta'aruf kategori Kecamatan, Kecamatan Larangan berhasil meraih juara 1, yang disusul Kecamatan Batuceper dan Pinang pada posisi 2 dan 3.

Sedangkan untuk OPD, Dinas Budaya dan Pariwisata menjadi juara 1, kemudian kantor Kementerian Agama Kota Tangerang dan Dinas Pendidikan di urutan 2 dan 3.

"Semoga dengan predikat juara tidak membuat para peserta menjadi tinggi hati, namun menjadi motivasi untuk lebih berprestasi," pungkas Sachrudin.

MTQ ke-XX tingkat Kota Tangerang digelar dengan 10 kategori dan 54 cabang yang dilombakan ini diikuti 644 kafilah dari seluruh kecamatan se-Kota Tangerang.

Dalam hasil penilaian yang disampaikan Dewan Hakim, Kecamatan Ciledug berhasil meraih juara umum dengan perolehan nilai 141 poin.

Lalu, disusul Kecamatan Batuceper dengan nilai 87 poin. Kemudian, Kecamatan Cipondoh dengan nilai 58 poin dan Kecamatan Karawaci 56 poin, Kecamatan Pinang 54 poin, Kecamatan Karang Tengah 27 poin.

Disusul Kecamatan Benda dan Kecamatan Jatiuwung yang masing - masing memperoleh nilai 21 poin. Kecamatan Tangerang 20 poin.

Kecamatan Periuk 13 poin. Kecamatan Larangan 3 poin. Serta Kecamatan Neglasari dan Kecamatan Cibodas masing-masing hanya meraih 1 poin.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019