Dalam rangka mengajak peran serta masyarakat untuk pembentukan qori dan qoriah terbaik, Pemkot Tangerang, Provinsi Bantek membentuk Unit Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (ULPTQ) Kelurahan yang berjumlah 104 unit dengan Ketua ULPTQ adalah sekretaris kelurahan.

Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin di Tangerang Kamis, menjelaskan tugas dari ULPTQ adalah melakukan pembinaan dengan melibatkan peran warga hingga ke tingkat bawah.

Misalnya, kata dia, masuk ke kelompok majelis taklim, pondok pesantren, pengajian di masjid dan mushala. Pembinaan dilakukan secara optimal hingga ke tingkat bawah.

Selama ini, kata dia, pembinaan baru pada sampai tingkat kelurahan/kecamatan. Dengan adanya ULPTQ maka pembinaan akan lebih optimal dan menyentuh semua lapisan masyarakat, sehingga, nantinya Kota Tangerang memiliki persiapan di MTQ Provinsi Banten sampai ke nasional lebih matang.

"Dan lebih penting lagi adalah menanamkan nilai Al Quran di tengah masyarakat. Apalagi di zaman milenial sekarang, jangan sampai mereka meninggalkan Al-Qur'an dan sunnah yang menjadi pedoman dalam rangka mewujudkan masyarakat berakhlakul karimah," ujarnya.

Pemerintah Kota Tangerang menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-20 Tingkat Kota mulai tanggal 16-19 Oktober 2019.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dan Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin diselenggarakan di Buana Garden, Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang.

Tema MTQ tahun ini adalah “Implementasi Nilai-Nilai Al Quran Sebagai Pondasi Membangun Masyarakat yang Berdaya Saing dengan Landasan Akhlaqul Karimah” dan diikuti 644 peserta dari 13 kecamatan.



Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019