Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak Banten bersama Direktorat Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan penandatangan naskah perjanjian kerjasama  terkait pembangunan dan peningkatan jalan penghubung daerah terisolir melalui Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).
Pendatanganan dilakukan langsung oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dengan Awen Supranata selaku Kepala Balai TNGHS bertempat di Aula Multatuli Setda Lebak, Rabu (9/10/2019).

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dalam sambutannya di Lebak Rabu menjelaskan, melalui PKS ini, pembangunan serta pemberdayaan masyarakat di daerah-daerah  terisolir yang terdapat di dalam kawasan TNGHS dapat dilakukan secara optimal.

"PKS ini dilaksanakan dalam rangka pemanfaatan serta pengelolaan sumber daya yang berada dalam kawasan TNGHS, guna melangsungkan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang berada di daerah tersiolir yang berada di dalam kawasan TNGHS," kata Iti.

Kepala Balai TNGHS Awen Supranata menjelaskan, perjanjian kerjasama ini bertujuan untuk mendorong terwujudnya keutuhan, kelestarian dan manfaat TNGHS, serta meminimalkan dampak negatif baik langsung maupun tidak langsung sebagai akibat kegiatan pembangunan jalan dalam kawasan TNGHS.

Menurutnya, ruang lingkup kerjasama tersebut meliputi  pembangunan ruas jalan Cikumpay-Cigobang sepanjang 9,3 km dalam kawasanTNGHS.

Selain itu  kerjasama juga meliputi beberapa poin, antara lain penguatan kelembagaan TNGHS, perlindungan kawasan TNGHS, Pengawetan flora dan fauna TNGHS, Pemulihan Ekosistem TNGHS, pengembangan wisata alam TNGHS serta pemberdayaan masyarakat dalam dan luar kawasan TNGHS.

ia menambahkan, kerjasama ini telah mendapat persetujuan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.  Dan dalam kerjasama ini nantinya akan dilaksanakan program yang kemudian disusul dalam rencana kerja tahunan baik itu jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

"Perjanjian kerjasama akan memberikan akses kepada Pemerintah Daerah Lebak, sehingga dapat menghubungkan daerah-daerah terisolir, dan roda perekonomian masyarakat dapat meningkat, Sehingga antara TNGHS dan Pemkab Lebak bisa bersama-sama dalam menjaga kelestarian TNGHS," katanya. 


 

Pewarta: Mansyur Suryana

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019