Pemerintah Kota Tangerang melalui  Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) mempersiapkan pembentukan Kampung Samawa di 13 kecamatan dalam rangka perwujudan ketahanan keluarga.

Kepala Seksi Ketahanan Keluarga pada DP3AP2KB Kota Tangerang, Qoriah di Tangerang Senin mengatakan, dalam rangka pembentukan Kampung Samawa pihaknya akan mengundang dua orang perwakilan masyarakat dari 26 kampung KB yang telah terbentuk untuk mengikuti training of trainer (TOT).

"Di bulan Oktober ini akan diadakan TOT kepada perwakilan masyarakat, sehingga proses pembentukan Kampung Samawa bisa sesuai target," ujarnya.

Lanjutnya, sebanyak 52 peserta TOT akan kembali bersosialisasi ke masyarakat terkait pembentukan Kampung Samawa di 61 Rukun Warga (RW).

"Tahun 2020 akan dimulai pelaksanaan Kampung Samawa," ucapnya.

Menurutnya, Kampung Samawa merupakan program kampung tematik yang dijalankan oleh Pemkot Tangerang yang melibatkan berbagai organisasi perangkat daerah (OPD).

"DP3AP2KB dalam program kampung tematik memiliki 2 program yakni Kampung KB dan Kampung Samawa," ujarnya
.
Kampung Samawa merupakan perwujudan ketahanan keluarga yang bertujuan mengajak partisipasi aktif masyarakat menciptakan keluarga yang bahagia dan tentram.

"Sasaran pembentukan Kampung Samawa antara lain, menurunnya angka perceraian, angka kematian ibu, serta meningkatnya perekonomian masyarakat," kata dia.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019