Anak usaha Krakatau Steel yang memproduksi pipa PT KHI Pipe Industries kirim pipa pancang untuk untuk Proyek Pembangunan Jetty Sulfur RDMP (Refinery Development Master Plan) Balikpapan milik PT Pertamina yang dibangun oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk.  

Direktur utama PT KHI Jati Santiono di Cilegon, Kamis, menyatakan pipa yang dikirim adalah pipa spesifikasi ASTM A252 dengan dimensi 1016 mm x 19 mm dan panjang 55 meter ini yang masing-masing akan menggunakan lapisan 3LPE (three layer polyethylene). Pengiriman pipa tahap pertama telah selesai pada minggu lalu, saat ini sedang memasuki persiapan untuk pengiriman tahap kedua.

“Total jumlah yang dikirim adalah 3.600 ton yang dengan panjang pipa masing-masing 55 meter. Pipa sepanjang 55 meter ini dikirim langsung dari pabrik KHI menuju pelabuhan dalam kondisi panjang pipa utuh. Pipa ini lebih panjang dari yang pernah kita kirim sebelumnya yakni sepanjang 53 meter,” ujar Jati.

Dengan kerja keras, komitmen tinggi terhadap pencapaian target dan kerja sama yang baik diantara unit-unit terkait pipa sepanjang 55 meter berhasil dikirim tepat waktu.

Keberhasilan KHI di dalam mengirimkan pipa panjang juga menjawab tantangan bisnis yaitu KHI sebagai pabrikan pipa baja yang handal dimana dengan pengiriman pipa secara langsung dapat melakukan efisiensi waktu dan biaya.

Dengan tetap mengutamakan keselamatan, dalam proses pengiriman ini KHI menggunakan  trailer dan boogie. Boogie merupakan alat bantu angkut penopang pipa bagian ujung belakang pipa yang difungsikan untuk harmonisasi jalannya trailer, hal ini juga memudahkan manuver pipa saat melewati tikungan dari keluar pabrik KHI hingga ke pelabuhan.

Melakukan pengiriman pipa panjang juga merupakan salah satu keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan, mengingat lokasi KHI yang berdekatan dengan pelabuhan.

Sekilas tentang PT KHI Pipe Industries
PT KHI Pipe Industries – “World Class Steel Pipe Manufacturer and Corrosion Protection Applicator” PT KHI Pipe Industries (KHI) merupakan salah satu anak usaha milik PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. yang bergerak di bidang manufacturing pipa baja dan jasa pelapisan anti korosi.

Terdapat dua tipe pipa yang mampu di produksi KHI, yaitu Pipa Baja HSAW (Helical Submerged Arc Welding) dan Pipa Baja HFRW (High Frequency Resistance Welded). Dengan kapasitas produksi pipa baja HSAW sebesar 100.000 ton/tahun dan pipa baja HFRW sebesar 150.000 ton/tahun menjadikan KHI sebagai pabrikan pipa baja yang handal. Pipa yang diproduksi KHI dapat diaplikasikan di Industri perminyakan dan gas, konstruksi dan infrastruktur.

Selain itu sebagai pabrikan pipa yang terintegrasi KHI juga memiliki fasilitas pelapisan anti korosi dengan kapasitas produksi mencapai 800.000 sqm/tahun. Beberapa jenis pelapisan anti korosi yang dapat dilakukan oleh KHI yaitu 3LPE (three layer polyethylene), 3LPP (three layer polypropylene), Coaltar Enamel Coating, Asphalt Enamel, Concrete Weight Coating, dan Internal Cement Lining.

A.    Pipa Baja HSAW
-    Kapasitas Produksi : 100.000 ton/tahun
-    Diameter : 12” - 80”
-    Panjang Pipa : 12.4 meter untuk Line Pipe dan 65 meter Pilling Pipe
B.    Pipa Baja HFRW (High Frequency Resistance Welded)
-    Kapasitas Produksi : 150.000 ton/tahun
-    Diameter : ½” – 20”
C.    Fasilitas Coating
-    Internal Coating :
•    Diameter : 4” - 60”
•    Kapasitas Produksi : 800.000 sqm/year
-    Eksternal Coating
•    Diameter : 4” – 80”
•    Kapasitas Produksi  : up to 1.600.000 sqm/year

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019