Pemerintah Kabupaten Serang menggandeng para pengusaha dan komunitas pelaku wisata di wilayah itu untuk berdialog langsung dalam rangka membangkitkan kembali wisata Anyer pada acara Gala Dnner Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2019 di salah satu hotel di Anyer. Selasa malam.                               

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Anyer, Selasa, mengatakan, Gala Dinner merupakan salah satu rangkaian kegiatan Anyer Krakatau Culture Festival 2019 (AKCF) yang rutin dilaksanakan setiap tahun.  

"Kita di sini berkumpul semua untuk berdialog secara langsung guna membahas berbagai hal terkait dengan memajukan kembali wisata Anyer Cinangka yang terpuruk akibat bencana tsunami dan gempa beberapa waktu lalu," kata Tatu.                                                  

Pada kegiatan itu, Bupati Serang  Ratu Tatu Chasanah dan jajaran OPD Kabupaten Serang mengundang berbagai pihak, seperti PHRI Provinsi Banten, PHRI Kabupaten Serang beserta manager-manager hotel di Kawasan Anyer dan Cinangka, dan para pengusaha serta komunitas pelaku wisata di Kabupaten Serang.  

Tatu menjelaskan, dengan terjadinya bencana alam pada bulan Desember tahun 2018 dan gempa bumi pada 2 Agustus 2019 di Selatan Banten, membuat para pelaku usaha mulai dari penginapan hingga kuliner mengalami penurunan daya jual, sehingga perputaran ekonomi terutama di daerah wisata  Anyer dan Cinangka mengalami penurunan yang signifikan.

"Terjadinya bencana alam tersebut berdampak pada banyak tempat usaha penginapan maupun usaha kuliner,mereka memilih gulung tikar akibat minimnya wisatawan domestic mapun international yang berkunjung ke kawasan Anyer dan Cinangka," katanya.

Oleh karena itu kata Tatu, melalui acara Gala Dinner Pemerintahan Kabupaten Serang menyatukan kekuatan dengan berbagai pihak  agar dapat mengembalikan perekonomian di Anyer dan Cinangka, Sehingga diharapkan perkembangan ekonomi semakin membaik dan terwujudnya Wisata Anyer dan Cinangka menjadi yang terdepan.

Kegiatan Gala Dinner AKCF 2019 yang diketuai oleh Agus Erwana itu dimeriakan sejumlah artis lokal dan ibu kota seperti Mo Sidik ( Stand Up Comedy ), Sean Nicholas Alexander ( Pemain Klarinet Cilik Termuda se-Asia ), Beny dan Ipul, Finalis Liga Dangdut asal Kabupaten Serang.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019