Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memfasilitasi ribuan anak yatim untuk bermain dan menikmati jajanan gratis yang disediakan oleh Pemda setempat.   

"Ini anak yatim jumlahnya 1.043 anak, dari pagi mereka dibiarkan main dan kita sediakan jajanan. Pada intinya anak yatim saya ingin mereka bahagia hari ini. Mereka bisa main dan  makan menikmati jajanan," kata Tatu usai membuka acara lebaran anak yatim bersama Bupati Serang di Serang, Rabu.

Pada kesempatan tersebut Bupati Serang juga memberikan santunan kepada para anak yatim yang berasal dari beberapa OPD, Perusahaan, dan Baznas Kabupaten Serang.

"Ya ini agenda rutin yang dilakukan Pemda, tidak murni anggaran Pemda, tapi banyak sharing dari kepala OPD, perusahaan dan kesra, serta Baznas semuanya digabung," katanya.

Ia berharap tahun berikutnya akan lebih banyak lagi anak yatim di Kabupaten Serang yang bisa turut serta.

"Mudah mudahan tahun depan bisa lebih banyak yang bisa ikut serta, sehingga bisa lebih banyak anak yang diundang," ujarnya.

Tatu juga berharap kedepan ada data anak yatim di wilayah Kabupaten Serang, sehingga mereka yang belum pernah hadir bisa diikutsertakan sesuai dengan data tersebut.         

Saya berharap ada data anak yatim semuanya, supaya mereka bisa  ke sini bisa merasakan semua," ujarnya.

Selain itu Tatu juga meminta kepada para pembimbing untuk memfasilitasi mereka dalam hal pendidikan. Mereka harus mendapat hak pendidikan.

"Jadi saya tadi berpesankan kepada para pembimbing agar anak anak harus mendapat hak pendidikan, kita juga sediakan program-program. Intinya tidak boleh putus sekolah karena persoalan dana. Jadi disini camat hadir dan ikut mantau, saya harap bisa ikut komunikasi dengan yayasan di Kecamatan, siapa yang punya persoalan dia bisa komunikasi dengan dindik," kata Tatu.

Ribuan anak yatim yang hadir tampak menikmati pertemuan dengan Bupati Serang, mereka berebut untuk bersalaman, bahkan ada yang memeluk sambi menangis.

"Ada beberapa anak peluk erat, dia merasa ada yang hilang, jadi saya kebawa haru kebayang saya juga. Susah lepas kayanya, kami berharap apa yang dilakukan secara pribadi menjadi nilai ibadah buat kami semua," katanya.

Tatu juga mengapresiasi kepada semua OPD dan para donatur yang telah berkontribusi dalam kegiatan tersebut.

"Ini memang semua berkontribusi, saya ucapkan terimakasih kepada semua donatur, ASN dan OPD yang telah menyisihkan dengan iklas sebagian rizkinya. Mudah mudahan kegiatan ini bisa terus ditingkatkan," katanya.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019