Sebanyak 120 Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pandenglang mengikuti acara sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) bagi tenaga profesional dan  calon tenaga profesional yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Banten, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Pandeglang, Rabu. 18/9/2019.    

Kepala Kantor Bahasa Banten Muhammad Lutfi Baihaqi saat membukan acara tersebut di Pandeglang Rabu, mengatakan      sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) merupakan upaya peningkatan SDM khususnya ASN di lingkungan pemerintahan  Kabupaten Pandeglang.                                  

"Tindak lanjut dari  kegiatan ini adalah nota kesepahaman terkait UKBI antara Pemda Pandeglang dan Kantor Bahasa Kemdikbud," katanya.

 Lutfi menjelaskan, kegiatan UKBI tersebut terbagi dalam tiga seksi, yaitu Seksi satu, yakni mendengarkan, dimana seksi ini berlangsung selama sekitar 25 menit yang berisi 40 butir soal pemahaman dengaran.

Kemudian seksi ke dua,  yaitu merespon kaidah berlangsung selama 20 menit yang berisi 25 butir soal penggunaan kaidah bahasa Indonesia.
Dilanjutkan dengan Seksi tiga, seksi ini adalah membaca dengan petunjuk selama 45 menit yang berisi 40 butir soal pemahaman isi bacaan.

Sejumlah OPD yang mengikuti Peserta sosialisasi antara lain, Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD), Dinas Sosial, Disnaker, RSUD Berkah Pandeglang, dan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD).

Selain itu sejumlah peserta lainnya adalah Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Sekretariat Daerah, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Pariwisata (Dispar), dan OPD lainnya.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019