Dinas Perdagangan dan Pasar (Disprindagpas dan ESDM) Kabupaten Pandeglang, Jumat (14/09) akan merelokasikan (memindahkan) para pedagang Pasar Barat Cibaliung, karena  pasar bongkar muat itu akan dijadikan lahan parkir.

Kepala Bidang Pasar Disprindagpas dan ESDM Pandeglang, Haris  menyatakan  sebanyak 47 orang pedagang adalah yang menempati terminal bongkar Pasar Barat Cibaliung akan direlokasi.

"Kenapa kita relokasi?,  karena lokasi pasar bongkar muat tersebut akan dialihfungsikan sebagai tempat parkir. Hal ini sudah dilakukan sosialisasi terlebih dahulu melalui beberapa tahapan, mulai wawancara survey dengan pedagang, hingga akhirnya direlokasikan ke pasar rakyat Cibaliung yang baru," katanya.

Dikatakan Haris, dari pertemuan dalam musyawarah itu telah berhasil dibuat kesepakatan dengan para pedagang adalah mereka akan membongkar sendiri tempatnya masing-masing dalam  jangka waktu paling lama 6 hari dari sejak pertemuan tersebut.

"Mereka akan menempati kios dan los yang sudah disediakan dan sudah mendapatkan nomor kios masing-masing dari hasil pengocokan nomor saat pertemuan kemarin," katanya.

Pada saat pertemua, lanjutnya, banyak yang disampaikan para pedagang, mulai dari penolakan untuk dipindahkan, minta dibangun kembali ditempat lama yang mereka tempati, minta tidak untuk  membayar retribusi selama 1 tahun, ada ada juga  pedagang yang tidak sedang menempati pasar lama juga didaftarkan memiliki kios serta tuntun lainnya.

"Alhamdulillah pertemuan berjalan tertib, aman dan lancar  meskipun agak alot. Semua kita lakukan pendekatan persuasif, dan kita tunggu untuk eksekusinya  menunggu 6 hari ke depan mereka membongkar dan memindahkan barang dagangannya ke tempat baru yaitu  pasar rakyat Cibaliung," ujarnya, seraya menambahkan sesuai motto Pemkab Pandeglang untuk menjadikan "Pasar yang bersih, elok, ramah, kuat aman dan hidup".

Sementara Camat Cibaliung, Djaya Sumarna membenarkan telah melakukan musyawarah terkait relokasi para pedagang pasar barat bongkar muat tersebut.

"Ya kita sudah sosialisasikan pada para pedagang terkait rencana relokasi ke pasar baru, dan sudah berjalam aman dan lancar," ujarnya singkat.
Para pedagang Pasar Barat Cibaliung yang akan direlokasi saat melalukan sosialisasi dan musyawarah. Foto Antara/Deni Setiadi

Pewarta: Deni Setiadi

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019